Lima Tips Menang Pilkada dari SBY

Susilo Bambang Yudhoyono.
Sumber :
  • VIVAnews/Fajar Ginanjar Mukti

VIVA.co.id - Menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang dilakukan serentak tahun ini, partai-partai politik sibuk mempersiapkan diri, tak terkecuali Partai Demokrat.

Demokrat Beberkan Alasan Pilih Koalisi Prabowo Ketimbang Jokowi

Ketua Umum Partai Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), memberikan pengarahan kepada para calon kepala daerah (cakada) yang diusung dan didukung oleh Partai Demokrat.

Kepada para cakada dari partai berlambang bintang tersebut, SBY memberikan lima tips kampanye, agar bisa memenangkan hati dan suara dari para pemilih.

DPP Demokrat Lolos Verifikasi Faktual KPU

"Yang pertama, dalam kampanye, jelaskan cara memajukan daerah dan cara peningkatan kesejahteraan rakyat lima tahun ke depan. Apa yang akan dilakukan lima tahun mendatang? Sasarannya apa? Jelaskan segamblang-gamblangnya. Kalau rakyat percaya dan yakin, mereka akan memilih saudara," kata SBY di Ballroom Hotel Grand Yasmin, Cipanas, Jawa Barat, Sabtu 29 Agustus 2015.

Kemudian yang kedua, kata SBY, para cakada jangan terlalu banyak mengobral janji dalam kampanye. Menurutnya, rakyat kini semakin pintar dan lebih realistis dalam melihat program-program calon pemimpinnya.

SBY Singgung Benny K Harman Sudah Tiga Kali Nyalon

"Ada cagub mengatakan saya, akan pastikan pertumbuhan ekonomi 80 persen. Itu janji palsu. Atau, ada yang bilang, kalau saya (cakada) memimpin, semua gratis, bebas sebebasnya. Dari mana uangnya? Jangan bohong," ujar SBY.

Tips ketiga dan keempat, SBY meminta para cakada untuk menyampaikan bagaimana cara melakukan stabilisasi harga dan menghidupkan program-program yang pro rakyat.

"Hidupkan kembali program pro rakyat, agar hidup rakyat makin baik. Apalagi ekonomi kita sedang menurun," jelas mantan Presiden RI tersebut.

Terakhir, ia juga berpesan, agar dalam masa kampanye, para cakada menjaga keamanan dan juga kerukunan sosial. "Agar rakyat tenang dan merasa diayom," kata SBY.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya