Proyek Kereta Cepat, China Ajukan Proposal Tambahan ke RI

Pameran Kereta Cepat China
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Duta Besar China untuk Indonesia, Xie Feng, hari ini, Jum'at 28 Agustus telah menyerahkan proposal tambahan mengenai proyek kereta cepat atau High Speed Train (HST) rute Jakarta - Bandung kepada Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.

Xie optimistis proposal dari pemerintahnya lebih menarik minat Indonesia meskipun Jepang sebelumnya telah menyerahkan proposal serupa.

"Apa yang bisa saya katakan adalah China telah mengajukan prospek yang baik untuk proyek ini. Saya memiliki keyakinan penuh dengan rencana kami," kata Xie Feng di kantor Kemenko, Jakarta.

Kemenhub Terbitkan Izin Usaha Kereta Cepat

Baca juga:

Dalam pertemuannya dengan Darmin, Xie mengungkapkan, pihaknya juga membicarakan tentang perkembangan prospek maritim di Indonesia. Menurutnya, Presiden Joko Widodo memiliki strategi yang baik dalam membangun proyek maritim di masa mendatang. Ke depan, kata Xie, China maupun Indonesia dapat bekerja sama dalam pengembangan maritim nasional.

"Presiden kami, Xi Jinping, telah datang dengan inisiatif untuk membangun abad ke 21 menjadi jalan sutra maritim. Kami berharap, ini memberikan potensi besar untuk kedua belah pihak dalam meningkatkan kerjasama antara Indonesia dan China," ujar Xie.

Pemerintah Republik Rakyat Tiongkok (RRT) terus menyatakan keseriusannya untuk bekerja sama dengan pemerintah Indonesia dalam menggarap proyek kereta cepat, atau High Speed Railway (HSR) Jakarta-Bandung sesuai dengan program pemerintah. Perusahaan pelat merah asal China pun, China Railway Corporation siap mengucurkan dana sebesar US$5,5 miliar.

Dalam pernyataan sebelumnya, Xie, yakin proyek di sepanjang jalur kereta cepat yang rencananya mencapai 150 kilometer tersebut, dipastikan akan menumbuhkan kegiatan ekonomi baru. (ren)

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung

Ketegangan Indonesia-China di Natuna Dianggap Selesai

"Hal itu sudah dianggap selesai dan dianggap ada kesalahpahaman."

img_title
VIVA.co.id
13 April 2016