Trafik Mobile Data Bisa Tembus 52 Juta Terabytes

Ilustrasi 4G LTE
Sumber :
  • cnmeonline.com

VIVA.co.id - Perusahaan riset Gartner memprediksi pertumbuhan mobile data tahun ini naik 59 persen dibanding tahun lalu. Total konsumsi mobile data secara global mencapai 52 juta terabytes.

Pertumbuhan yang terus meningkat ini diperkirakan terus berlanjut hingga 2018. Saat itu, trafik mobile data diperkirakan mencapai 173 juta terabytes.

"Trafik mobile data terus meningkat di seluruh dunia, naik lebih dari tiga kali lipat sampai 2018. Koneksi mobile data cepat, 3G dan 4G, akan tumbuh juga, dari 3,8 miliar pada 2015 menjadi 5,1 miliar pada 2018, seiring dengan perpindahan pengguna layanan 2G yang makin haus akan data," ujar Direktur Riset Gartner, Jessica Ekholm, seperti dikutip melalui Cellular News, Selasa 4 Agustus 2015.

Menurut Ekholm, operator telekomunikasi harus menciptakan paket data yang lebih menarik untuk meningkatkan pangsa mereka di pasar yang terus tumbuh ini. Yang akan membuat pengguna tertarik adalah konten video yang bisa dinikmati semua konsumen.

"Penggunaan data untuk konten video naik cukup signifikan dari 50 persen menjadi 60 persen pada 2018. Operator bisa menghadirkan layanan video, termasuk mengoptimalisasikan teknologi video yang ada dan meningkatkan konten yang lebih menarik. Penerapan paket data untuk video juga bisa dilakukan," ujar Ekholm.

Dalam data Gartner ditemukan jika layanan video streaming yang diakses melalui jaringan seluler tidak hanya dikonsumsi oleh anak-anak dan remaja. Di Amerika, 47 persen responden yang berusia 45-54 tahun mampu menghabiskan waktu 15 menit untuk melihat aplikasi mobile video.

Bursa Cawagub DKI: Elektabilitas Hidayat Nur Wahid Tertinggi

Kebalikannya, hanya 40 persen pengguna berusia 18-24 tahun yang mampu menonton video mobile selama lebih dari 15 menit.

"Hasilnya menunjukkan, streaming video melalui jaringan seluler, seperti menonton Youtube, meningkat dan bisa dinikmati dalam waktu lama," kata Ekholm. (art)

Soal Gaji, Karyawan BCA Paling Puas Dibanding Tiga Bank BUMN

Jobplanet analisa kepuasan karyawan BCA, BNI, BRI, dan Bank Mandiri.

img_title
VIVA.co.id
29 Januari 2016