Fitur-fitur Penting pada Aplikasi Anti-Penjahat Safetipin

Aplikasi Safetipin
Sumber :
  • Google Play

VIVA.co.id - Masalah keamanan kembali mengusik warga DKI Jakarta. Pekan lalu, seorang karyawati mengalami pelecehan seksual usai turun dari halte busway.

Merespons hal ini, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berusaha untuk mengembangkan berbagai pola dan sistem agar keselamatan dan keamanan perempuan di Jakarta tak lagi terusik.

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok mengimbau agar warganya menginstal aplikasi keselamatan, Safetipin. Aplikasi ini dipromosikan sebagai penolong sekaligus pendeteksi kejahatan berbasis GPS dan peta Google Maps.

Aplikasi keamanan mobile

Aplikasi ini dikembangkan oleh pengembang India dengan tujuan menciptakan informasi keamanan berbasis mobile di mana pun dan kapan pun.

Dalam aplikasi ini, pengguna bisa memposting informasi keamanan tempat, lokasi berbahaya, gangguan atau pelecehan. Pengguna bisa memposting pengalaman keamanan tempat atau gangguan, sebab terintegrasi dengan Facebook.

Beragam pin

Untuk menggunakan Safetipin, pengguna tentunya menginstal terlebih dahulu. Setelah itu, pengguna bisa meng-zoom in peta Google Maps.

Dalam peta, nantinya akan ada berbagai pin dengan beragam warna, ada hijau, kuning, dan merah.

Pin hijau menandakan tempat atau lokasi yang dimaksud itu adalah lokasi yang aman untuk disinggahi atau ditinggali. Pin kuning berarti lokasi tersebut kurang aman dan pin merah menandakan lokasi tersebut tidak aman.

Untuk bisa melihat lebih detail informasi tiap lokasi, bisa mengklik pin. Nantinya, pengguna akan mengetahui profil detail keamanan lokasi.

Informasi dalam pin tersebut termasuk skor keamanan lokasi.

Panggilan darurat

Dalam keadaan darurat, pengguna bisa menggunakan fitur Pelacakan dan Alarm, agar bisa menghubungi teman dan keluarga. Teman dan keluarga akan melacak pengguna melalui GPS.

Bila pengguna ingin membutuhkan bantuan orang lain, ada opsi direktori pada bagian menu. Fitur ini akan menghubungkan pengguna dengan nomor bantuan darurat lokal, atau melakukan panggilan dari aplikasi.

Pengguna bisa mencari lokasi layanan darurat terdekat, misalnya kantor polisi terdekat, rumah sakit atau apotek serta petunjuk untuk mengakses layanan tersebut.

Audit keamanan lokasi

Pengguna juga bisa berbagi informasi keamanan dengan mengaudit lingkungan, melaporkan perasaan saat di lokasi tertentu, atau melaporkan pelecehan dan keadaan bahaya.

Pin pengguna akan membantu orang lain merasa aman dan membantu pejabat kota tertentu mengambil tindakan yang tepat.

Safetipin merupakan aplikasi pemenang penghargaan mBillionth 2014 untuk kategori perempuan dan anak-anak. Aplikasi juga mendapatkan penghargaan dari Yayasan Avon 2014 untuk inovasi dalam komunikasi. Safetipin saat ini tersedia dalam bahasa Inggris, Hindi, Indonesia, dan Spanyol.

Aplikasi Anti-Kejahatan Ala Ahok Terkendala Perjanjian

Aplikasi ini telah tersedia di Play Store dan iOS dan disebutkan bisa berjalan pada perangkat apa pun.

Aplikasi ini direkomendasikan oleh Pemprov DKI dan akan diintegrasikan dengan program Jakarta Smart City. Ahok menyebutkan, pengembang Safetipin akan bekerja sama dengan Satpol PP, TransJakarta, kepolisian, dan Kamtibmas. (art)

Ilustrasi korban pelecehan seksual.

Aplikasi Pelindung Wanita dari Penjahat Ibu Kota

Kejahatan perampokan dan kejahatan seksual sering terjadi di Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
4 Agustus 2015