Kemenag Undi Pemondokan Jamaah Haji

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Qur'ah Pemondokan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi
VIVA.co.id
Anggota DPR Ingatkan Pemerintah Soal Dana Haji
- Kementerian Agama kembali melakukan Qur'ah atau pengundian  menentukan pemondokan jamaah haji di Makah, Jumat 31 Juli 2015. Menteri Agama Lukman Hakim Saefudin menyebut pengundian dilakukan untuk menciptakan rasa keadilan jamaah.

Tawaf dan Rahasianya

"Di satu sisi ada hotel yang dekat dengan Masjidil Haram, ada yang jauh, di sisi lain ada hotel setara bintang tiga sementara ada juga yang empat," kata Lukman di Hotel Millenium, Jakarta.
Calon Haji Ini Kesal Sambal Petisnya Disita


Pengundian dilakukan menggunakan sistem komputerisasi, dan secara simbolis dilakukan Menteri dengan memencet sebuah tombol. Setelah itu komputer secara otomatis mengundi setiap kloter beserta pemondokannya.


Lukman menjelaskan, tahun ini jumlah pemondokan Indonesia di Makah lebih sedikit dibanding tahun sebelumnya. Jika tahun lalu pemondokan jamaah berjumlah 116 gedung, tahun ini berjumlah 112 gedung/hotel. Sementara di Madinah, seluruh pemondokan dipastikan berada pada wilayah markaziyah.


"Meskipun jumlahnya sedikit tetapi memiliki kapasitas yang lebih besar yang akan mempermudah koordinasi," ujarnya.


Selain itu, disediakan pula transportasi bus shalawat khusus untuk jamaah yang berada berada pada radius di atas 2 kilometer. Untuk tahun ini, jamaah yang akan mendapatkan layanan bus shalawat berjumlah 119.151 orang dengan armada 209 bus.


Jamaah asal Indonesia nantinya akan menempati sembilan sektor di enam titik, yaitu Masbah Jin, Aziziah, Raudhah, Syisyah, Jarwal dan Misfalah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya