Kebut Pengerjaan Proyek Mandek, Jokowi Keluarkan Perpres

Presiden Jokowi Tinjau Gudang Bulok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar
VIVA.co.id
Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop
- Pemerintah akan mengeluarkan Peraturan Presiden (Perpres) dan Instruksi Presiden (Inpres) terkait Percepatan Proyek-proyek Strategis. Perpres ini bertujuan untuk memastikan peran penegak hukum, sehingga proyek-proyek tersebut dapat berjalan tanpa ada hambatan.

Terbitnya Perpres itu disampaikan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil. Dia mengatakan, sebelum tanggal 17 Agustus, Presiden Joko Widodo akan menandatangani Perpres tersebut.

Bos Waskita Tak Cemas Anggaran Pemerintah Dipangkas

"Namanya, Perpes percepatan proyek-proyek strategis nasional. Ini akan menjadi model, karena akan ada dasar hukumnya, maka proyek pemerintah bisa ditetapkan," ujar Sofyan di kantornya, Kamis 30 Juli 2015.

Sofyan menjelaskan, perpres dan inpres ini akan menjadi sebuah solusi  mengantisipasi mandeknya proyek-proyek pemerintah. Adapun usulan proyek akan dimasukkan dalam daftar yang diusulkan Bapppenas, Kementerian atau Lembaga dan  pemerintah daerah.

Jokowi Beber 'Mantra' RI di Forum Ekonomi Islam Dunia

"Karena kami berdasarkan UU Pemerintah Daerah, maka namanya proyek strategis nasional," ujar Sofyan.

Di tempat yang sama, Menteri Perencanaan Pembanguan Nasional Andrinof Chaniago mengatakan, pemerintah masih membutuhkan rapat sekali lagi sebelum menyerahkan rancangan Perpres dan Inpres tersebut ke Presiden Joko Widodo.

Menurut Andrinof, pemerintah juga akan mengatur agar Perpres dan Inpres ini tidak bertabrakan dengan Undang-undang atau Ketentuan yang lebih tinggi. Peraturan yang lebih tinggi itu seperti ketentuan dalam Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP)

Dalam Perpres dan Inpres Percepatan Proyek-Proyek Strategis ini terdapat daftar proyek-proyek infrastruktur yang akan dikebut pemerintah. Proyek itu di antaranya adalah proyek Jalan Tol Trans Sumatera, kereta Light Rail Transit di Jabodetabek, Kereta Api Barang dan Penumpang di Kalimantan dan beberapa proyek lainnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya