Proyek Tanggul Raksasa Diserahkan ke Kementerian PU

Proyek Giant Sea Wall atau tanggul raksasa
Sumber :
  • ncicd.com

VIVA.co.id - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Sofyan Djalil mengatakan bahwa pemerintah sedang mengkaji ulang proyek pembangunan National Capital Integrated Coastal Development (NCICD), atau proyek tanggul raksasa, atau Giant Sea Wall.

Alokasi Terbesar Dana Banjir untuk Rehabilitasi Sungai

Rencananya, dalam pembangunan proyek tersebut akan diberikan wewenang kepada badan khusus di bawah kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

"Institusi itu ada di PU, tinggal diberi wewenang yang besar. Nanti akan diberi mandat khusus ke lembaga itu. TOR-nya (perencanaan) sudah jelas, juga disalurkan langsung, jadi prioritasnya badan ini di bawah PU diperluas tugasnya untuk menangani NCICD," ujar Sofyan, usai rapat Koordinasi tingkat menteri di Kantor Kementeriaan Koordinator Bidang Perekonomian, Jakarta, Kamis 30 Juli 2015.

Sofyan menambahkan, lokasi pembangunan proyek strategis pemerintah itu pun tidak hanya di Jakarta. Tanggul Raksasa tersebut, akan dibangun di wilayah yang sering terjadi abrasi.

"Bukan Jakarta aja, kota-kota yg mengalami hal sama perlu dipikirkan, seperti di pantai-pantai sebelah timur, pantai utara Jawa, dan beberapa tempat yang terjadi abrasi," jelas sofyan.

Sementara itu, Sofyan menambahkan, pemerintah belum berniat menambah badan khusus untuk wilayah Jakarta, meskipun merupakan prioritas dengan alasan keefektifan kerja.

"Karena tidak efisien, kami tidak mau menambah badan, dan tidak jelas siapa yang bertanggung jawab badan itu. Tetapi, ada steering comite yang melaporkan antarmenteri nantinya," tutur dia. (asp)

Anggaran Banjir Minim, Belum Semua Sungai Dibenahi
Sungai Ciliwung

Kerusakan di Daerah Aliran Sungai Kian Parah

Banyak yang sudah alih fungsi lahan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016