Moge Yamaha Beraura MotoGP Segera Hadir di Indonesia

Yamaha R1.
Sumber :
  • www.autoevolution.com

VIVA.co.id - Setelah resmi meluncur di ajang EICMA tahun lalu, kini motor gede (moge) andalan Yamaha, YZF-R1, tampaknya segera mengaspal di Tanah Air.

Tips Naik Motor Gede Ala Si Cantik Nabila Putri

Hal ini terkuak setelah VIVA.co.id mendapatkan informasi dari Kementerian Perindustrian terkait pendaftaran tipe motor baru, di mana PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) baru saja mendaftarkan motor dengan kode RN32.

RN32 adalah kode yang digunakan Yamaha untuk tipe YZF-R1, moge dengan mesin empat silinder berkapasitas 1.000cc. Motor yang dikembangkan dari hasil riset Yamaha pada ajang balap MotoGP ini mengusung banyak teknologi baru.

Yamaha Siap Lahirkan Motor Murah Pengganti RX100

Salah satu teknologi yang diunggulkan adalah perangkat Inertial Measurement Unit (IMU). Perangkat ini merupakan peranti komputer khusus yang dapat menganalisis data saat motor dipacu.

IMU menggabungkan sensor gyroscopic yang dapat mendeteksi pitch, roll, dan yaw. Perangkat ini juga dilengkapi dengan accelerometer yang mengukur percepatan pada bagian depan-belakang, atas-bawah, dan arah kanan-kiri, untuk menentukan posisi yang tepat dari sepeda motor.

Data yang dihasilkan nantinya akan dikirim ke Electronic Control Unit (ECU), yang bertugas mengatur Traction Control, Slide Control, Anti-Wheelie Control, Quickshifter, dan Launch Control.

Uniknya, ada dua tipe R1 yang akan didatangkan PT YIMM, yakni RN32 dan RN32 (ERS). ERS adalah kependekan dari Electronic Racing Suspension, yakni suspensi yang dilengkapi dengan pengatur elektronik.

Motor Sangar BMW Ini Sudah Dipesan Orang Kaya Indonesia

Dengan adanya tambahan fitur canggih, suspensi depan dan belakang buatan Ohlins ini mampu beradaptasi dengan jalur sirkuit secara elektronik, sehingga ban dapat menempel pada aspal dengan lebih sempurna. (art)

Gading Marten

Moge Spesial Gading Marten, Bikin Ingat Anak-Istri

Dia memodifikasi modenya dengan gaya bobber atau montok.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016