Kasus Korupsi di DKI, Ahok Enggan Disebut Lalai

Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama
Sumber :
  • Fajar GM
VIVA.co.id
Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo
- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama enggan disebut telah bertindak lalai karena gagal mencegah tindakan korupsi dalam kegiatan penyusunan APBD selama ia menjabat baik sebagai gubernur atau wakil gubernur DKI.

Bila ia disebut lalai, Ahok, sapaan akrab Basuki mengatakan, setiap presiden Indonesia pun pantas disebut lalai karena sekencang apa pun program pemberantasan korupsi yang mereka punya, faktanya, tindakan korupsi selalu ada di masa kepemimpinan setiap presiden.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

"Kalau begitu, semua presiden lalai karena banyak korupsi di Indonesia," ujar Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 29 Juli 2015.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPRD DKI Abraham 'Lulung' Lunggana sempat menyalahkan Ahok atas terjadinya tindak korupsi dalam kegiatan penganggaran APBD setiap tahunnya.

Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan

Politisi PPP itu bahkan mengatakan Ahok layak jadi tersangka. Ahok, yang dikatakan Lulung merupakan pimpinan tertinggi di pemerintahan eksekutif, telah melakukan pembiaran dan tidak melakukan pencegahan terhadap tindakan korupsi yang dilakukan anak buahnya sendiri.

Ahok mengatakan Lulung tidak bisa memvonisnya sebagai pihak yang bersalah. Lulung bukanlah penyidik Bareskrim.

Bila saja Lulung adalah perwira tinggi Polri berbintang 2 atau 3, Ahok mengatakan, ia akan mengusulkan kepada Presiden Joko Widodo agar Lulung diganti oleh Komjen Pol Budi Waseso.

"Sayang, aku enggak bisa ngusulin itu," ujar Ahok.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya