BMW Stop Perakitan MINI Countryman di India

MINI Cooper Countryman diluncurkan di Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - BMW akhirnya menghentikan perakitan mobil MINI Countryman di India. Apa alasan BMW menutup pabrik perakitan yang berlokasi di Chennai, India itu?

Sedan Mewah Edisi Terbatas BMW Resmi Meluncur

Seperti yang dilansir Motorbeam, Rabu, 29 Juli 2015, perakitan mobil mungil dengan tenaga raksasa ini harus dihentikan karena penjualannya sangat jeblok di Tanah Hindustan.

Pabrik perakitan MINI Countryman ini mulai beroperasi pada 2013. Saat itu, BMW sangat yakin langkah ini akan menuai hasil, mengingat pertumbuhan otomotif di India sangat pesat.

Aksi Wali Kota Semarang Serap Aspirasi dengan Motor Trail

MINI Countryman merupakan satu-satunya model MINI yang diproduksi di pabrik perakitan ini. Sebelumnya, pabrikan mobil asal Jerman ini hanya merakit BMW Seri 3, BMW Seri 5, BMW X1 dan BMW X3.

BMW mulai merambah India pada 2012. Saat itu mereka memasarkan empat model di atas dengan status CBU. Tergiur dengan pasar India, BMW akhirnya memutuskan memboyong MINI Countryman ke India dengan tujuan persaingan harga.

Akibat Sopir Bengong, BMW Keok di Adukan Semen

Namun, rupanya penjualan mobil MINI di India memang tak terlalu menggembirakan. Total, BMW hanya mampu melepas 1123 unit mobil jenis ini hingga akhir 2014. Dengan kata lain, BMW India hanya mampu menjual 400 unit per tahun. Dengan dihentikannya perakitan MINI Countryman ini maka para pecinta mobil mungil ini harus rela membeli dengan status CBU.

(mus)

Mobil hibrida BMW i8.

BMW i8 Akhirnya Dijual Rp3,5 Miliar

Konsep mobilitas telah berubah dramatis berkat kemajuan teknologi.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016