Cara Gampang Berhenti di Tanjakan dengan Setengah Kopling

Ilustrasi kopling
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Tips Bedakan Oli Asli dan Oplosan
- Bagi para pengemudi pemula, berhenti di sebuah jalanan menanjak merupakan hal yang cukup menyulitkan. Padahal, ada cara mudah yang dapat diterapkan yakni setengah kopling.

Mengenal Rem ABS, Masalah dan Solusinya

Namun, Anda tentunya harus bersikap dengan tenang dan tidak gugup saat melakukannya serta mengerti tekniknya. Selain itu, Anda bisa pula menggunakan rem tangan.
Rem Motor Anda Keras, Ini Penyebabnya


Seperti dilansir situs resmi Toyota, teknik setengah kopling dinilai jitu saat berhenti di tanjakan. Memang cara tersebut dilakukan hanya dalam keadaan yang tidak terlalu lama di tanjakan, yang artinya Anda akan segera melakukan perjalanan lagi.


Biasanya, penggunaan setengah kopling itu dilakukan di jalanan yang tidak begitu menanjak tinggi seperti garasi rumah. Di sini, Anda bisa menggabungkan fungsi dari kopling dan fungsi gas.


Lantas, bagaimana trik berhenti di tanjakan dengan setengah kopling?


Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah pada saat sudah berada di tengah-tengah tanjakan, maka Anda harus menghentikan laju mobil dengan cara menginjak kopling bersamaan dengan menahan gas. Jangan menekan gas terlalu dalam dan juga jangan menekan gas terlalu kecil. Pastikan Anda menekan gas dengan pas, supaya mobil dapat berhenti dengan sempurna.


Jika Anda hendak memajukan mobil Anda lagi, Anda dapat melepas pedal kopling secara perlahan-lahan. Selain itu, Anda juga perlu menyeimbangkan dengan penambahan tekanan gas. Selanjutnya, mobil Anda akan bergerak maju secara perlahan-lahan, tergantung Anda mengendalikan kopling dan gas.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya