H-9 Lebaran, Pelabuhan Semayang Balikpapan Dipadati Pemudik

Arus mudik jelang Natal di Ambon
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Izaac Mulyawan
VIVA.co.id
Ini Syarat Jika Pemerintah Ingin Target Inflasi Tercapai
- Ribuan penumpang tujuan Pulau Jawa sudah memadati Pelabuhan Semayang, Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu dini hari, 8 Juli 2015. Meski perayaan Idul Fitri masih sembilan hari lagi, namun lonjakan penumpang di Pelabuhan Semayang mulai signifikan.

Masa Lebaran 2015, Jumlah Kecelakaan Turun 21 Persen

PT Pelni telah mengantisipasi lonjakan penumpang di Pelabuhan Semayang, dengan mendatangkan armada kapal tambahan. Ribuan penumpang yang memadati pelabuhan sejak Rabu dini hari tadi, seluruhnya diangkut menggunakan Kapal Labobar, yang merupakan armada cadangan PT Pelni Balikpapan.
Lebaran, Pendapatan MNC Toll Road Meningkat Rp2 Miliar


Lonjakan penumpang di Pelabuhan Semayang ini mulai tampak saat pintu kapal dibuka. Sedikitnya 3 ribu penumpang mengantre hingga berdesak-desakan untuk masuk ke dalam kapal.

 

Kepala Cabang PT Pelni Balikpapan, Nawawi, mengatakan antrean panjang dan saling berdesakan antara sesama penumpang merupakan fenomena yang selalu terjadi saat memasuki musim mudik lebaran.

 

Ribuan penumpang saling berebut masuk ke dalam kapal lebih dulu, karena khawatir tak kebagian tempat di dalam kabin kapal. Namun demikian, PT Pelni telah menyediakan kapal tambahan untuk mengantisipasi membludaknya pemudik jelang lebaran tahun ini.

 

"Pelni memprediksi puncak arus mudik penumpang kapal tujuan Pulau Jawa akan terjadi pada H - 4 lebaran," kata Nawawi.


Selain tujuan Pulau Jawa, Nawawi juga memprediksi kepadatan penumpang kapal juga akan terjadi untuk tujuan Sulawesi dan Papua. Pelni, lanjut dia, memastikan akan mengangkut seluruh pemudik baik sebelum dan setelah lebaran.
(ase)

 
Iqbal Abdullah / tvOne Balikpapan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya