TNI Siapkan 3 Nama Pengganti KSAD Jenderal Gatot

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Gatot Nurmantyo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id - Panglima TNI Moeldoko menyebut ada tiga nama yang akan diseleksi untuk mengisi jabatan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), menggantikan Jenderal TNIĀ  Gatot Nurmantyo. Namun, Moeldoko enggan membocorkan tiga nama itu.

"Belum ada (pengganti KSAD), masih diajukan. Minimum ada 3 lah," ujar Moeldoko usai buka bersama di mabes TNI Cilangkap, Jakarta, Selasa 7 Juli 2015.

Pelantikan Jenderal Gatot sebagai Panglima TNI akan dilakukan bersamaan dengan pelantikan Kepala BIN Letjen (Purn) Sutiyoso pada Rabu 8 Juli esok di Istana Negara. Kedua nama tersebut berhasil mendapat restu dari DPR RI melalui tahap uji kelayakan dan kepatutan beberapa waktu lalu.

"Benar, informasi yang saya dapat memang demikian. Doakan saja," ungkap Gatot usai acara buka bersama di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa 7 Juli 2015.

Serah terima jabatan akan dilakukan sesudahnya. Moeldoko menyatakan upacara besar-besaran akan dilakukan dalam upacara tersebut.

"Besok baru pelantikan, serah terima perlu ada upacara besar. Memerlukan persiapan," ucap Moeldoko di lokasi yang sama.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo lahir di Tegal, Jawa Tengah, pada 13 Maret 1960. Sebelum dilantik besok, dia menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) ke-30, sejak 25 Juli 2014. Jabatan itu disandangnya menggantikan Jenderal TNI Budiman melalui penunjukkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Gatot merupakan lulusan Akademi Militer tahun 1982. Berpengalaman di kesatuan infanteri baret hijau Kostrad, Gatot pun pernah menjabat Komandan Kodiklat TNI-AD, Pangdam V/Brawijaya, dan Gubernur Akmil. Saat ini, Gatot tercatat sebagai Ketua Umum PB FORKI periode 2014-2018.

Pasukan Garuda Juara Umum Ajang Olahraga di Afrika

Adapun tiga nama yang potensial menggantikan Gatot Nurmantyo di posisi KSAD adalah Sekjen Kementerian Pertahanan Letjen Ediwan Prabowo (53); Wakil KSAD Letjen M Munir (56); Pangkostrad Letjen Mulyono (54).

Di luar tiga nama itu, ada pula Dansesko (Komandan Sekolah Staf Angkatan Darat) TNI Letjen Sonny Widjaja, Danko diklatad (Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan) Letjen Lodewijk F Paulus, dan Irjen TNI Letjen Syafril Mahyudin. Namun, masing-masing akan pensiun pada Januari 2016, Juli 2015, dan April 2016. (ren)

Freddy Budiman semasa hidup saat di Lapas Nusakambangan

Begini Cara TNI Ungkap Testimoni Freddy Budiman

TNI telah membentuk tim investigasi mengusut informasi ini

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2016