Menristek Ingin e-Voting Bisa Dipakai di Pilkada Tahun ini

Surat suara Pilkada Gubernur Riau putaran dua
Sumber :
  • Antara/ FB Anggoro
VIVA.co.id
23 Pasal RUU Pemilu Rawan Digugat
- Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti), M.Nasir, berjanji akan membawa teknologi e-voting untuk dipakai di Pemilu. Disampaikannya, ia ingin teknologi yang dikembangkan oleh Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) itu bisa digunakan dalam waktu dekat.

Pengadilan Etik Dikhawatirkan Jadi 'Keranjang Sampah'

"Saya akan sampaikan kronologi (tata cara e-voting) di rapat kabinet dengan presiden. Saya akan bawa," tegas Nasir di Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Tangerang, Selasa, 7 Juli 2015.
Golkar Usulkan Sistem Pemilu Jadi Proporsional Tertutup


Nasir mengungkapkan bahwa sudah saatnya e-voting digunakan. Sebab, ada sejumlah keunggulan yang tak dimiliki oleh pemilihan dengan manual atau kertas. Mulai dari hematnya anggaran yang dikeluarkan pemerintah saat menyelenggarakan pemilu sampai akurasi.


"Ini merupakan sebuah terobosan yang kita harapkan untuk digunakan. Biayanya hemat karena tidak menggunakan kertas lagi, akurasi karena tak ada lagi yang memalsukan data pemilih, satu hari pemilihan bisa langsung selesai, dan tidak ada lagi konflik yang mengajukan banding ke MK, maka konflik akan rendah," tutur Nasir.


Saat ini, BPPT baru menerapkan teknologi tersebut di ratusan desa yang ada di seluruh Indonesia dan itu diklaim berhasil diselenggarakan. Sementara, mengenai penerapan e-voting pada Pilkada Serentak dalam waktu dekat ini, Nasir menjelaskan bahwa itu belum bisa dilakukan.


Alasannya, menurut Nasir, teknologi e-voting belum bisa dilakukan dibanyak tempat, hanya beberapa daerah saja. Namun, ia sangat optimistis e-voting bisa dilaksanakan pada tahun berikutnya.


"Kalau pilkada serentak tahun ini mungkin di beberapa kabupaten saja. Tapi kan nanti ada pilkada lagi di tahun berikutnya, nah itu bisa digunakan," jelas dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya