Strategi Jokowi Kendalikan Inflasi Saat Ini

Presiden Joko Widodo di KAA
Sumber :
  • VIVA.co.id/Santi Dewi
VIVA.co.id
Ekonomi Tumbuh karena Pemerintah Lakukan Ini
- Dalam pengantarnya pada rapat kabinet terbatas, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut pemerintah terus berusaha menekan laju inflasi saat ini. Presiden mengaku, cara pemerintah mengendalikan inflasi saat ini adalah dengan operasi pasar dan menggelar pasar murah.

Jokowi Minta Kepala Daerah Bentuk Tim Pengendalian Inflasi

"Saat ini pemerintah terus menerus berusaha untuk kendalikan inflasi melalui operasi pasar, melalui pasar murah," kata Jokowi, di Kantor Kepresidenan Jakarta, Selasa 7 Juli 2015.
Jokowi Luapkan Kekesalahan kepada Ratusan Kepala Daerah


Pada saat yang sama, lanjut Jokowi, pemerintah juga memacu laju kegiatan ekonomi rakyat. Jokowi menjelaskan, berbagai program bantuan usaha mikro, menengah dan bantuan sosial termasuk melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN).


"Prinsipnya kami ingin kegiatan ekonomi rakyat berjalan. Sebab itu penyaluran semua program direalisasikan, identifikasi mana yang darurat dan cepat, terutama sektor produktif," kata Jokowi.


Untuk itu, Jokowi meminta data-data dari masyarakat segera untuk divalidasi, agar bantuan tersebut bisa segera dicairkan untuk kepentingan rakyat.


Jokowi meminta menteri untuk segera melakukan proses validasi, dan sesegera mungkin berkoordinasi dengan Badan Pusat Statistik (BPS), agar bantuan dan jaminan sosial segera direalisasikan.


"Saya ingin percepatan realisasi program bantuan untuk rakyat," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya