Dinilai Pesawat Paling Andal, RI Akan Beli Hercules Lagi

Kepala Staf Kepresidenan Luhut Pandjaitan
Sumber :
  • ANTARA/Muhammad Iqbal

VIVA.co.id - Ternyata tragedi jatuhnya pesawat berjenis Hercules beberapa waktu di Medan, Sumatera Utara, tak membuat pemerintah kapok. Bahkan, direncanakan pemerintah akan membeli pesawat serupa dalam waktu dekat.

Rencana tersebut disampaikan langsung Kepala Staf Kepresidenan, Luhut Pandjaitan saat melakukan kunjungan ke ‎Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek), Serpong, Tangerang.

Kunjungan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui alutsista Hankam dan produk kerekayasaan strategis, serta kunjungan ke fasilitas laboratorium uji mesin kendaraan dan terowongan angin kepunyaan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT).

"‎Hercules, mungkin kita akan beli lagi karena kita masih kurang," ujar Luhut kepada VIVA.co.id di Auditorium Gedung Teknologi 2, Puspiptek, Serpong, Tangerang, Senin malam, 6 Juli 2015.

Diungkapkan‎ Luhut, pemerintah memandang kalau pesawat angkut militer itu mempunyai ketangguhan yang belum dikalahkan oleh pesawat lainnya. Sehingga, Hercules layak untuk dipesan kembali, meski pesawat tersebut telah mendapat sorotan setelah kecelakaan di Medan beberapa waktu lalu.

"‎Hercules itu pesawat yang paling andal. Kita akan beli yang baru," kata Luhut.

‎Belum diketahui, berapa banyak yang akan dipesan oleh pemerintah kepada Amerika Serikat selaku produsen pesawat Hercules dan kapan pesawat tersebut akan mendarat di Tanah Air.

Meski demikian, Luhut mengungkapkan kalau pemerintah saat ini ingin adanya beberapa komponen dari pesawat Hercules itu dapat dibuat di Indonesia.

TNI AU: Pesawat T-50i Laik Terbang

"‎Kita akan beli dari Amerika dan meminta kepada mereka untuk assembling dan sparepart-nya ada di Indonesia yang dipegang oleh Dirgantara," ujar Luhut.

Pesawat T-50 Golden Eagle buatan Korea Selatan

Pesawat T-50 Golden Eagle Jatuh, DPR Minta Investigasi

DPR meminta para pilot TNI tetap semangat menjaga kedaulatan udara.

img_title
VIVA.co.id
20 Desember 2015