Kebakaran Soetta, Perbaikan Jaringan Listrik Dipercepat

Kebakaran Bandara Soetta
Sumber :
  • VIVA/Anisa Maulida
VIVA.co.id
Garuda Indonesia Dinobatkan Jadi Maskapai Paling Disukai
- PT Angkasa Pura (AP) II akan melakukan audit internal fasilitas Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Hal tersebut guna mengantisipasi dan memastikan kebakaran yang terjadi di Terminal 2 E pada Minggu kemarin tidak terulang kembali. 

Terminal 3 Beres, Terminal 1 dan 2 Soeta Segera Direnovasi
Direktur Operasional dan Teknik AP II, Djoko Murdjatmodjo, mengatakan bahwa audit akan dilakukan disertai dengan pembenahan jaringan listrik yang diduga sebagai penyebab kebakaran.

Menhub Klaim Terminal 3 Bisa Saingi Bandara Tercanggih
"Kami sedang melakukan audit dengan konsesioner, dengan pihak komersial, kami akan melakukan audit internal, dan dalam waktu dekat akan ada penggantian jaringan listrik," ujar Djoko di Jakarta, Senin, 6 Juli 2015.

Dia menjelaskan bahwa jadwal penggantian jaringan listrik yang ada di terminal tersebut seharusnya dilakukan pada tahun depan. Namun, dengan adanya kejadian ini, jadwal tersebut akan dipercepat. 

"Kami sedang upayakan tahun ini dipercepat sehingga ada instalasi baru. Kita akan perbaiki, sementara juga menyusul dengan perluasan gedung terminal," ucapnya.

Dia mengaku bahwa pihaknya masih belum bisa memastikan apa penyebab dari kebakaran tersebut, karena sepenuhnya sudah diserahkan ke pihak berwajib. Tapi, ada indikasi bahwa penyebab kecelakaan tersebut adalah dari sistem jaringan listrik. 

"Kan kalau di dalam bandara itu kami tidak memperbolehkan api, minyak atau lilin, jadi salah satu kemungkinan besar di listrik, kan di listrik itu macam-macam faktor, seperti stop kontak yang bertumpuk-tumpuk, dan kabel yang terlalu panas," kata dia.

Soal Standart Operasional Prosedur (SOP), dia mengklaim Angkasa Pura II telah menerapkan dengan baik. Setiap tenant (penyewa), lanjutnya harus memiliki fasilitas standar keselamatan, seperti alat pemadam api ringan (APAR).

"SOP-nya ada bahwa setiap tenant harus ada APAR, seperti pemadam tabung api ringan itu," ucapnya. 
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya