Polri Yakin Pilkada Serentak Berjalan Sesuai Jadwal

Kapolri Jenderal Badrodin Haiti
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id - Kepala Kepolisian Indonesia Jenderal Polisi Badrodin Haiti yakin, pelaksanaan Pilkada serentak tak akan meleset dari jadwal.

Soal Pencalonan Sandiaga Uno, PPP Masih Pikir-pikir

"Saya berkesimpulan tidak ada penundaan. Kalau toh ada kekurangan anggaran bukan alasan menunda. Karena memang masih ada waktu untuk bisa mencukupi kebutuhan itu," ujarnya di Mabes Polri, Jakarta, Jumat, 3 Juli 2015.

Badrodin juga tak khawatir perihal kekurangan anggaran Pilkada yang diajukan. Sebab, saat ini persoalan tersebut masih dalam pembahasan di Dewan Perwakilan Rakyat.

Ada Calon Independen Bukti Kaderisasi Parpol Tak Mulus

"Yang lalu kita laporkan kekurangan Rp700 miliar, kemudian beberpa hari, lima hari kemudian berkurang jadi Rp500 miliar. Tentu ini, kan, terus bertambah. tidak serta merta sekaligus karena memang sumbernya dari berbagai provinsi," ujarnya menerangkan.

Berkaitan dengan netralitas Polri dalam Pilkada, Badrodin berjanji akan menindak tegas personelnya yang kedapatan menyalahi kode etik instansi.

Perludem: Syarat Calon Independen Dinaikkan Tak Berdasar

"Sudah jelas ada ketentuannya dalam kode etik sudah ada. Kalau ada yang melanggar, pasti ditindak," ujar Badrodin mengancam.

Indikasi keterlibatan personel polisi aktif dalam Pemilihan Presiden 2014 lalu mengingatkan masyarakat untuk menagih komitmen netralitas Polri. Untuk itu, Badrodin mengingatkan agar seluruh personelnya menjaga independensi dalam pelaksanaan Pilkada serentak.

"Pilkada bukan hanya sekarang. Pilkada bukan hanya kali ini. Pemilu juga ada. Kan, sudah ada instruksi saya, sudah ada, masih kurang!"

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya