Dipaksa Buka Hijab, Wanita Ini Tuntut Kepolisian AS

Berburu Kerudung Model Artis di Tanah Abang
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
Mahasiswi Muslim Di-'bully' dalam Bus di London
- Wanita Muslim berhijab menggugat kepolisian Dearborn, Michigan, Amerika Serikat (AS), karena dipaksa membuka hijabnya, untuk pengambilan foto setelah ditangkap hanya karena pelanggaran parkir.

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Dikutip dari laman Al Arabiya, Jumat, 3 Juli 2015, Maha Aldhalimi ditangkap pada September 2014, dengan tuduhan tidak membayar parkir. Polisi memaksanya membuka jilbab, walau Aldhalimi telah memberi penjelasan.
Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya


Aldhalimi mengatakan tidak dapat melepas jilbabnya, di depan para pria asing, karena akan melanggar keyakinan agamanya. Tapi polisi mengancam, sehingga dia terpaksa melepas hijab yang menutup kepalanya.


"Saya takut meninggalkan rumah sekarang. Jika melihat polisi saat berkendara ke manapun, saya mulai bergetar tidak terkendali, dan berbalik ke arah lain," kata Aldhalimi.


Pengacara pembela Aldhalimi mengatakan, kepolisian Dearborn melanggar hukum federal, dengan memaksa kliennya membuka hijab. Dia menyesalkan pelanggaran itu dilakukan oleh entitas, yang semestinya menjadi pelindung.


Direktur ADC-Michigan Fatina Abdrabboh, yang menjadi pengacara Adhalimi, mengatakan telah mengajukan tuntutan ke pengadilan federal Detroit, pada Selasa, 30 Juni.


Insiden yang menimpa Adhalimi, merupakan kasus terbaru dari banyak peristiwa serupa di Dearborn, yang merupakan wilayah dengan populasi Arab-Amerika terbesar di AS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya