Menteri Keuangan: Ekonomi Indonesia Masih Dipercaya Investor

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro.
Sumber :
  • REUTERS/Darren Whiteside
VIVA.co.id
Investor Optimistis, IHSG Lanjutkan Penguatan
- Menteri Keuangan, Bambang Brodjonegoro menepis anggapan bahwa investor asing saat ini sudah tidak percaya terhadap perekonomian Indonesia. Sebab, sampai saat ini minat investor asing untuk membeli Surat Utang Negara (SUN) masih tinggi.

Jaga Likuiditas, BI Minta Pemerintah Stop Penerbitan SUN
Bambang mencontohkan, dalam lelang Surat Utang Negara (SUN) berdenominasi rupiah minggu lalu, terjadi kelebihan permintaan sebanyak 3,5 kali lipat.

IHSG Diproyeksi Menguat Pekan Ini, Modal Asing Masih Deras
"Target indikatif Rp12 triliun, yang masuk Rp40 triliun. Itu 35 persen dari asing," kata Bambang saat diskusi di Kantor Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan di Jakarta, Kamis 2 Juli 2015.

Dia menuturkan, kelebihan permintaan transaksi SUN berdenominasi dollar Amerika Serikat (AS) juga terjadi dalam lelang pekan ini.

Dari target indikatif sebesar US$500 juta, permintaan yang masuk ke Menteri Keuangan mencapai US$820 juta. Ini menandakan, ada kelebihan permintaan 1,6 kali lipat.

"Dengan ada-nya selalu kelebihan permintaan, ini menunjukan perekonomian kita masih bagus bagi para investor," ujar dia.

Sebagai informasi, kepemilikan asing di dalam SUN dibedakan menjadi 3 kelompok yaitu come and go, Orientasi Jangka Panjang, dan Bank Sentral atau unit pemerintah negara lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya