Polri Minta Rp1 Triliun untuk Amankan Pilkada Serentak

Petugas mengecek kelengkapan logistik Pilkada Jatim. (ANTARA FOTO/Rudi Mulya)
Sumber :
VIVA.co.id
Soal Pencalonan Sandiaga Uno, PPP Masih Pikir-pikir
- Kapolri Jenderal Badrodin Haiti menyatakan anggaran pengamanan pilkada serentak masih kurang setengah triliun rupiah. Angka tersebut adalah hasil koordinasi Polri dengan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo terkait kurang anggaran Rp712 miliar.

Ada Calon Independen Bukti Kaderisasi Parpol Tak Mulus

"Sudah ada perkembangan, kalau enggak salah ada kekurangannya, tapi enggak segitu, sekitar Rp500 (miliar)an," katanya di gedung DPR RI, Jakarta, Kamis 2 Juli 2015.
Perludem: Syarat Calon Independen Dinaikkan Tak Berdasar


Dalam pertemuan kepolisian dengan Mendagri sebelumnya juga membahas kekurangan anggaran pengamanan Pilkada serentak. Hal itu rencananya akan dibebankan pada APBD sejak di tingkat Provinsi hingga ke Kabupaten/Kota.


"Itu kan nanti ada rapat lagi dengan Mendagri bahwa akan diusahakan untuk bisa dikordinasikan dengan pemerintah daerah. Ini nanti akan ada rapat dengan Mendagri," ujar Badrodin.


Badrodin mengatakan pihaknya tidak menganggarkan dana pengamanan Pilkada serentak pada 9 Desember mendatang. Penganggaran tersebut tidak masuk dalam rancangan dana Polri.


Khusus untuk pengamanan Pilkada serentak Polri mengajukan anggaran sebesar Rp1,07 triliun. Namun, dalam rapat kerja gabungan persiapan Pilkada di DPR pada 25 Juni lalu, dukungan anggaran yang disetujui baru sebesar Rp362 miliar.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya