Operasi Keamanan Laut, Bakamla Gandeng TNI

Panglima TNI teken MoU dengan Bakamla
Sumber :
  • VIVA/Rebecca Reifi Georgina

VIVA.co.id - Panglima TNI Jenderal TNI Moeldoko menandatangani nota kesepahaman (MoU) dengan Kepala Badan Keamanan Laut Laksamana Madya TNI Desi Albert Mamahit, Kamis, 2 Juli 2015.

Bakamla Pastikan Armada Wilayah Tengah Optimal Amankan Laut

Penandatanganan MoU ini terkait dengan Pembinaan dan Operasional Badan Kemananan Laut Republik Indonesia

Penandatanganan ini bertujuan untuk mengatur kesepahaman bersama tentang Bakamla RI agar dapat dijadikan sebagai pedoman para pihak terkait dalam pelaksanaan kerja sama.

Adapun ruang lingkup MoU ini meliputi penyelenggaraan operasi keamanan dan keselamatan di laut, penggunaan sarana dan prasarana, pendidikan dan latihan, pertukaran data dan informasi dan penugasan personel
 
MoU ini berlaku selama 5 tahun sejak ditandatangani dan sesuai dengan bagian dari pengembangan pelaksanaan tugas Operasi Militer Selain Perang (OMSP) TNI di bidang Keamanan dan Keselamatan di Laut sesuai dengan yang diamanatkan dalam UU Nomor 34 tahun 2004 tentang TNI.

"Yang pasti, sekarang ini Bakamla relatif belum memiliki kekuatan seperti yang diharapkan, karena itu kekuatan sementara ini masih berstandar ke TNI, dengan demikian semua operasi Bakamla yang dijalankan selalu mendapat pengawasan dari TNI," Moeldoko.

Remaja Lebih Suka Lagu Garuda di Dadaku dari Garuda Pancasila

Remaja Lebih Suka Garuda di Dadaku dari Garuda Pancasila

Revolusi informasi berpengaruh pada pola pikir remaja.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016