7 Pertimbangan Sebelum Mengajukan Kredit Mobil

Pameran mobil di Indonesia.
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin

VIVA.co.id - Melihat kondisi kendaraan publik yang kian buruk, membuat keinginan untuk memiliki mobil pribadi memang menjadi tak terelakan. Akan tetapi harga mobil yang tidak murah sering kali menjadi salah satu kendala Anda memiliki mobil.

Kredit mobil pun hadir  menjadi solusi bagi Anda yang ingin memiliki mobil, namun dana yang dimiliki tidak mencukupi. Banyak hal yang harus menjadi pertimbangan Anda sebelum mengajukan kredit mobil.

Apa saja yang harus Anda pertimbangkan sebelum mengajukan kredit mobil :

1. Alasan Anda Membeli

Pertama kali yang harus menjadi pertimbangan Anda sebelum mengajukan kredit mobil adalah alasan kenapa Anda membeli atau  mengkredit mobil. Jangan pernah membeli mobil hanya karena gengsi.

Bayar Pajak Kendaraan Sekarang Dapat Diskon

Pertimbangkanlah dengan matang untuk apa Anda membeli atau mengkredit mobil. Apakah Anda benar-benar membutuhkannya untuk membantu Anda dalam pekerjaan dan keperluan lainnya, misalnya Anda membelinya karena jarak dari kantor dan rumah lebih efektif jika ditempuh dengan mobil pribadi.

2. Kondisi Finansial

Hal kedua yang tidak kalah penting adalah memastikan kondisi finansial Anda. Baik itu kondisi keuangan Anda secara pribadi maupun kondisi keuangan keluarga. pastikan keluarga besar Anda mendukung Anda dalam hal pembelian mobil secara kredit.

2 Mobil Harvey Moeis Disita Lagi, Kejagung Juga Usut soal Jet Pribadi

Karena nantinya orang terdekatlah yang akan membantu keuangan Anda secara maksimal. Seperti misalnya, Jika salah keluarga besar Anda memiliki  usaha sendiri. Ini akan menjadi pertimbangan pihak penyalur untuk memberikan penawaran kredit mobil kepada Anda.

Biasanya mereka dengan senang hati akan memberikan penawaran cicilan kredit mobilnya kepada Anda. Hal ini dikarenakan mereka melihat kemampuan Anda dan kemampuan Anda yang cukup maksimal.

Buatlah perencanaan  jangka panjang jika Anda mengajukan kredit lebih dari 3tahun-4 tahun. Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga, seperti kelahiran anak bagi Anda yang baru saja menikah.

Segala macam perencanaan baik jangka pendek atau jangka panjang akan sangat berguna. Pastikan Anda melakukan ini, agar pengeluaran tidak melebihi pendapatan Anda. 

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bogor, Bandung Jumat 19 April 2024

Dan jangan tergoda untuk melakukan pelebihan pendapatan (Mark-up) pada formulir pengajuan kredit mobil, karena itu akan merugikan Anda sendiri. Lembaga penyalur kredit mobil umumnya sudah bisa memperhitungkan kesanggupan Anda untuk melunasi kredit mobil tersebut.

3. Jenis dan Tipe Mobil

Sesuaikan jenis dan tipe mobil Anda dengan kebutuhan seta kondisi keuanga Anda. Baik itu mobil bekas atau baru, mobil jenis city car atau MVP. Jangan memaksakan diri Anda membeli mobil diluar kemampuan Anda hanya karena gengsi.

4. Lembaga Pembiayaan

Ada dua lembaga yang bisa menjadi pilihan anda dalam mengajukan kredit, yakni bank atau Leasing (Pembiayaan Kredit). Masing-masaing lembaga ini memiliki kelebihan dan kelemahan serta persyaratan dan ketentuannya masing-masing. Bank biasanya  memberikan bunga yang lebih rendah, namun dengan persyaratan yang lebih rumit. Sementara leasing biasanya memberikan bunga yang lebih tinggi namun prosedurnya tidak serumit bank.

5. Uang Muka dan Biaya Lain

Setelah Anda menentukan dari lembaga pemimjaman mana Anda ingin mengajukan kredit mobil. Langkah selanjutnya adalah mempertimbangkan berapa besar uang muka yang harus dibayarkan dan biaya-biaya lain. Saat ini uang muka untuk kendaraan bermotor mensyaratkan pembayarann DP sebesar 30 persen dari total harga mobil. Persyaratan minimal uang muka tersebut sesuai dengan regulasi pemerintah.

Semakin besar uang muka yang Anda berikan, semakin ringan cicilan yang harus dibayar. Selain itu, hal lain yang harus diperhatikan adalah besaran pajak, cicilan bulanan, serta suku bunga. Dalam hal suku bunga, Anda bisa memilih tipe suku bunga mana yang lebih cocok. Misalnya Anda ingin membeli mobil denga merk Daihatsu dari Bank A.

Bank A menawarkan mobil tersebut dengan tingkat suku bunga tetap (flat rate). Lalu Anda kemudian cari informasi tentang tipe mobil yang sama ke Bank B, namun Bank B menawarkan dengan tingkat suku bunga mengambang (Floatin rate) yang nilainya bisa berubah mengikuti suku bunga yang ditetapkan oleh Bank Indonesia. Mengenai hal ini Anda bisa konsultasikan dengan lembaga pemimjam yang terpercaya. Tujuannya agar biaya tersebut tidak terlalu membebanan atau melebihi pendapatan Anda.

6. Asuransi

Tidak semua lembaga pemimjam  mensyaratkan pemimjam untuk mengasuransikan mobil yang dibelinya, namu ada beberapa lembaga pemimjam mengharuskan pembeli unuk mengasuransikan mobil yang dibeli untuk mencegah hal-hal yag tidak diinginkan selama proses kredit berlangsung.

Ada dua pilihan Asuransi yang bisa Anda pilih, yakni Total Loss Only atau TLO yang hanya menanggung kehilangan atau kerusakan mobil lebih dari 70% atau All Risk yang menanggung kerusakan yang dikarenakan karena berbagai macam musibah hingga kehilangan. Jika Anda memutuskan mengasuransikn mobil yang Anda pilih, ada biaya tambahan yang harus diperhitungkan.
Baca juga: Gaji Pas-pasan Ingin Kredit Mobil, Perhatikan 5 Hal?

7.  Persyaratan Yang Mudah

Persyaratan yang mudah tentu saja menjadi salah satu pertimbangan yang juga harus Anda perhatikan. Kartu Tanda Penduduk, Slip Gaji, dan rekening tabungan menjadi syarat yang diberlakukan oleh lembaga perbankan dan perusahaan pembiayaan. Namun, ada juga beberapa lembaga pemimjam lainnya yang mensyaratkan dokumen lain seperti rekening listrik atau telepon, atau Pajak Bumi Bangunan (PBB).

Kecepatan dan kemudahan pelayanan yang diberikan oleh lembaga pemimjam tentu saja menjadi nilai lebih dalam mengajukan cicilan mobil. Hal ini bertujuan agar Anda tidak lagi disibukkan dengan kelengkapan dokumen lainnya. Pastikan Anda melengkapi semua persyaratan yang diminta oleh lembaga pemimjam.


Pertimbangkan Dengan Matang
Terlepas nantinya Anda akan mengkredit mobil bekas ataupun baru, pertimbangan-pertimbangan diatas wajib tetap Anda lakukan.

Karena mengambil kredit mobil tidak hanya tentang memilih mobil dan mengansur pembayarannya saja, banyak hal yang nantinya akan menjadi efek domino bagi kehidupan Anda mendatang, jika Anda tidak mempertimbangkannya secara matang. Terakhir pastikan Anda benar-benar siap sebelum mengajukan pembelian tunai ataupun kredit sebuah mobil.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya