Hercules Jatuh Kenapa Angkut Penumpang Sipil?

Keluarga Korban Pesawat Hercules Datangi Rumah Sakit Adam Malik
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta
VIVA.co.id
Pesawat T-50 Golden Eagle Jatuh, DPR Minta Investigasi
- Sebanyak 141 korban jatuhnya pesawat militer TNI AU, Hercules C-130, di Kota Medan Sumatera Utara berhasil dievakuasi dari lokasi kejadian.

TNI AU: Pesawat T-50i Laik Terbang

Dua diantara korban dilaporkan sudah diserahkan ke pihak keluarga. Sementara sisanya masih dititipkan di instalasi jenazah RS Adam Malik, Sumatera Utara.
TNI AU: Awak Pesawat T-50 Tewas


Data manifest penumpang, diketahui pesawat ini membawa 101 penumpang dan 12 kru. Dari total penumpang terungkap juga tidak seluruhnya adalah anggota militer.


Bahkan terungkap, dari 31 penumpang yang diberangkatkan dari Lanud Halim Perdanakusumah, Jakarta, 16 orang dinatranya adalah warga sipil biasa.


Menurut Menteri Pertahanan Ryamizad Ryacudu, kehadiran penumpang sipil dalam pesawat naas tersebut adalah biasa.


Sebab, semenjak lama pesawat militer berbobot lebih dari delapan ton ini, memang kerap mengangkut warga sipil.


"Dari dulu juga ada yang ikut (warga sipil)," kata Ryamizard di Mako Brimob Depok, Rabu 1 Juli 2015.


Bantah Tarik Bayaran


Tidak ada larangan untuk warga sipil menaiki pesawat tersebut. Bahkan menurutnya, hal ini dilakukan agar TNI dekat dengan masyarakat.


"Boleh (warga ikut naik pesawat tempur) dekat dengan rakyat. Nggak apa-apa dengan rakyat harus sama-sama. Naik tank juga nggak apa-apa kan," katanya.


Namun, Ryamizard membantah TNI mengambil keuntungan dari warga sipil. Sebab diisukan mereka membayar sejumlah biaya untuk ikut naik dalam pesawat itu. "Masa (mau) ngambil keuntungan," kata Ryamizard.


Seperti diketahui, pesawat Hercules milik TNI terjatuh di pemukiman penduduk di Jalan Jamin Ginting, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa 30 Juni 2015 sekira pukul 12.00 WIB.


Pesawat meledak dan terbakas habis hingga menyisakan ekor. Seluruh penumpang kapal yang dikabarkan berjumlah 110 penumpang dan 12 kru dilaporkan tewas. Termasuk juga puluhan warga sekitar yang tertimpa badan pesawat.


Hingga kini proses evakuasi jenazah yang kemungkinan masih terjepit masih berjalan. Sementara sejumlah jenazah lain yang sudah terindentifikasi sudah dipulangkan ke rumah keluarganya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya