Tjahjo Kumolo Siap 'Lawan' Menteri Penghina Jokowi

Tjahjo Kumolo
Sumber :
  • ANTARA/Andika Wahyu
VIVA.co.id
Jokowi Beber 'Mantra' RI di Forum Ekonomi Islam Dunia
- Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, mengatakan ia tidak pernah menyebut nama personal di dalam pernyataannya terkait adanya Menteri yang menghina Presiden Joko Widodo.

Jokowi: Jumlah Peserta Tax Amnesty Baru 344 Orang

"Di dalam pernyataan di depan teman-teman Pers, saya tidak pernah menyebut nama orang, yang sebut nama Menteri Bu Rini atau nama lain itu siapa? Saya tidak pernah sebut nama siapapun dalam pernyataan atas pertanyaan teman-teman Pers," katanya, di Jakarta, Selasa, 30 Juni 2015.
Dana Rp11 Ribu Triliun Milik WNI Seliweran di Luar Negeri


Tjahjo melanjutkan, Presiden telah bersikap terbuka atas kritik saran dan masukan, baik dari Anggota Kabinet, Tokoh Masyarakat, anggota DPR, Pers serta masyarakat luas. Tetapi seharusnya, kritik dan saran tersebut disampaikan dengan cara yang sopan, tidak kasar apalagi mengecilkan.


"Terkesan menghina Presiden Jokowi secara terbuka, apalagi di hadapan banyak orang dan Pers," kata Tjahjo.


Padahal menurutnya, khusus bagi para pembantu Presiden, tidak etis dan tidak boleh mengecilkan, apalagi beda sikap terkait kebijakan yang diambil oleh atasannya, yakni Presiden Jokowi. Sebab, Presiden sendiri posisinya sebagai lambang negara dan juga tokoh masyarakat.


Tjahjo menegaskan, sebagai 'pembantu' yang dipercaya, harus siap membela Presiden, tak terkecuali dirinya sebagai Menteri Dalam Negeri. Ia mencontohkan dirinya, sebagai pembantu Presiden, dia harus berani menentukan sikap, termasuk 'melawan' baik perorangan atau kelompok yang mengecilkan Presiden.


"Saya harus berani menentukan sikap, siapa kawan siapa lawan, baik perorangan atau kelompok. Apalagi kalau ada oknum pembantu Presiden yang justru mengecilkan Presiden," tuturnya.


Ia mengaku telah melakukan pelaporan kepada Presiden dan Wakil Presiden terkait masalah ini. Ia juga yakin bahwa Presiden telah mendapat laporan dari Intelijen serta sudah mengetahui masalahnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya