Yogya Kerahkan 2.960 Polisi Amankan Mudik Lebaran 2015

Polisi Polda DIY Yogyakarta gegana penjinak bom
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Andreas Fitri Atmoko
VIVA.co.id
Masa Lebaran 2015, Jumlah Kecelakaan Turun 21 Persen
- Ribuan personel polisi dari Polda Daerah Istimewa Yogyakarta akan diterjunkan dalam pengamanan arus mudik-balik lebaran 2015. Ribuan personel ini akan mulaiĀ  bertugas bersamaan dimulainya operasi kemanusian Ketupat Progo 2015 yang akan dimulai pertengahan Juli mendatang.

Mudik 2015, Pengguna Angkutan Jalan Turun 10 Persen

"Ada sekitar 2.960 personel Polda DIY yang kita terjunkan dalam operasi Ketupat Progo 2015," kata Kepala Bidang (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda DIY, AKBP Anny Pudjiastuti, Selasa 30 Juni 2015.
Mobil Pemudik Terbalik Masuk Tambak


Operasi Ketupat Progo 2015 akan mulai diterapkan sejak H-8 sampai H+7 lebaran, atau pada 9 Juli sampai 24 Juli mendatang. Selama pelaksanaan operasi tersebut, Polda DIY juga akan mendirikan 31 pospam (pos pengamanan) di seluruh wilayah DIY. Setengahnya akan ditempatkan di Kabupaten Sleman.


"Kami tambah juga enam posyan (pos pelayanan). Kami tempatkan salah satunya di stasiun, terminal, dan bandara," ucap Anny.


Sementara, puncak arus mudik Lebaran 2015 diperkirakan akan terjadi dalam dua kali. Yakni pada tiga hari dan sehari jelang Idul Fitri. Adapun arus balik diperkirakan akan terjadi pada tiga hari pasca Lebaran


"Kami melihat arus balik akan terjadi cepat, maksudnya H+3 arus balik akan terjadi," katanya.


Terkait pengamanan Lebaran, Anny mengaku, jika petugas yang disebar tidak diperintahkan untuk tembak di tempat.


"Kami tetap persuasif karena operasi ini lebih bersifat kemanusiaan. Tidak ada perintah tembak di tempat itu situasional." (ren)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya