Tipe Makin Banyak, Honda Yakin Tak Saling Bunuh

sorot mobil pedesaan - Mobil Murah di IIMS 2013
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Meski saat ini pasar otomotif nasional tengah mengalami penurunan, namun hal ini tak membuat PT Honda Prospect Motor (HPM) pantang menyerah. Bahkan, agen pemegang merek Honda di Tanah Air ini mengumumkan akan menghadirkan produk terbaru, yang diberi nama BR-V.

Honda Civic Hatchback Terbaru 'Mendarat' di GIIAS 2016

Mobil yang memiliki kepanjangan nama Bold Runabout Vehicle ini diklaim merupakan generasi terbaru dari jenis Crossover Utility Vehicle atau CUV, dan dibekali dengan tiga baris kursi.

Director Marketing and Aftersales Service PT HPM Jonfis Fandy mengatakan, kehadiran BR-V tidak akan 'memakan' pasar saudaranya, seperti Mobilio atau HR-V. Namun, BR-V akan mengisi celah kosong di antara kedua jenis mobil tersebut.

Kebuasan Mobil yang Ditunggu-tunggu Tahun Ini

"Karena kita sudah analisa market-nya, bahwa segmen lima seater itu lain dengan tujuh seater. Orang yang bermain (membeli) di tujuh seater tidak akan turun ke lima seater, karena kebutuhan mereka. Kalau yang lima seater ke tujuh seater apakah bisa? Bisa, tapi masalahnya kan harga berbeda," kata Jonfis kepada wartawan di Jakarta, Senin malam 29 Juni 2015.

Demikian juga dengan segmen HR-V, lanjut Jonfis, bahwa di segmen tersebut, konsumen lebih prestisius. Jika HR-V kapasitasnya lima penumpang, maka BR-V tujuh penumpang.

Pamerkan 23 Mobil Baru di IIMS, Honda Klaim Banjir Pesanan

Namun, Jonfis tak menampik, bahwa nantinya pasti ada perpindahan minat konsumen. Tapi ia yakin, tidak akan banyak 'memakan' segmen mobil yang telah ada.

"Dulu ada pertanyaan, ada Brio (konsumen) akankah pindah dari Jazz. Ketika datang Mobilio, nanti akan 'makan' market-nya Jazz. Lalu, datangnya HR-V akan 'makan' CR-V, Jazz, dan Mobilio. Tapi semua tidak terjadi juga. Akan tetapi, kalau saya sebut tak ada perpindahan itu tidak mungkin, karena pasti ada. Dan kita tidak bisa cek yang tadinya konsumen mau beli apa, menjadi beli apa," ungkap Jonfis.

BR-V merupakan produk terbaru Honda yang bakal tampil pertama kalinya di dunia pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2015.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya