Jelang Ramadhan, Jokowi Perintahkan Operasi Pasar

Presiden Jokowi Tinjau Gudang Bulok
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id - Presiden Joko Widodo memerintahkan kementerian rutin menggelar operasi pasar. Hal ini dilakukan guna menjaga stabilitas harga dan ketersediaan stok pangan.

Hal ini disampaikan Jokowi saat memimpin rapat terbatas yang membahas tentang keamanan kebutuhan pokok menjelang Ramadhan dan Lebaran. Dalam rapat itu, Jokowi meminta agar ketersediaan pangan terjamin. Presiden juga meminta agar polisi menindak tegas penimbun bahan bakar minyak dan kebutuhan pokok lain.

Presiden: Proyek Kereta Bandara Selesai Sesuai Target 2017

"Memprioritaskan kendaraan pengangkut logistik dan memberantas pungli agar ketersediaan pangan terjamin," kata Jokowi melalui siaran pers dari Tim Komunikasi Jokowi, Rabu, 3 Juni 2015.

Selain itu, Jokowi juga mewanti-wanti menterinya untuk menjaga agar inflasi ekstrem tidak terjadi selama Ramadhan dan Lebaran.

Jokowi Salat Jumat di Bandara Soekarno-Hatta

"Caranya tentu dengan memantau harga kebutuhan pokok seperti beras, daging, telur, cabai, bawang, dan sayuran," ujar Jokowi menambahkan.

Jokowi juga mengatakan, impor merupakan solusi terakhir.

Fadli Zon dan Fahri Hamzah Puji Jokowi

"Diutamakan penyerapan hasil-hasil pertanian, perkebunan, dan pertenakan."

Selain itu, Jokowi juga menginstruksikan untuk mempercepat dan menjamin kelancaran serta kelayakan distribusi beras untuk rumah tangga miskin (raskin) di bulan Juni 2015.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya