Singapura Tawarkan Bantuan Penanganan Asap Bagi Indonesia

Singapura selalu kerepotan setiap kali terjadi kebakaran hutan di Pulau Sumatra.
Sumber :
  • REUTERS
VIVA.co.id
Kebakaran di Portugal, Nasib WNI Terus Dipantau
- Pemerintah Singapura memberikan tawaran baru, paket bantuan penanganan asap bagi pemerintah Indonesia, untuk menghadapi musim panas yang akan berlangsung dari Juni hingga Oktober.

Kebakaran Besar Melanda Portugal

Dikutip dari
Mengapa Praktik Bakar Hutan Berulang Lagi?
Channel News Asia , Singapura mengumumkan penawaran baru bantuan bagi Indonesia, Rabu, 3 Juni 2015, untuk menangani kebakaran hutan yang dapat mengakibatkan bencana kabut asap.


Paket bantuan yang ditawarkan sama seperti pada 2014, meliputi satu pesawat C-130 untuk operasi pembenihan awan. Dua C-130 untuk membawa tim pemadam kebakaran dari Singapura.


Satu tim dari Pasukan Pertahanan Sipil Singapura (SCDF), akan memberi bantuan penilaian dan perencanaan bagi Indonesia, dalam upaya pemadaman kebakaran hutan.


Foto satelit beresolusi tinggi dan koordinat titik api, serta satu helikopter Chinook berikut perlengkapan kantung air, untuk pemadaman api dari udara.


Kementerian Lingkungan dan Sumber Daya Air mengatakan, pemerintah Singapura telah menawarkan bantuan pada Indonesia sejak 2005, untuk melengkapi upaya Indonesia dalam menangani kebakaran hutan.


Sekalipun dengan bantuan yang diberikan, Singapura tetap terkena dampak bencana polusi asap, pada September dan Oktober 2014 lalu. Untuk 2015, situasi lebih mengkhawatirkan dengan adanya fenomena El Nino.


El Nino dapat menyebabkan cuaca kering, yang akan mempermudah terjadinya kebakaran hutan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya