2016, Jokowi Pangkas Anggaran Kementerian dan Lembaga

jokowi luncurkan KIS di medan
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Septianda Perdana

VIVA.co.id - Pemerintah akan memangkas anggaran kementerian dan sejumlah lembaga pada tahun 2016. Dana ini akan dialihkan salah satunya untuk pemenuhan peningkatan anggaran kesehatan.

Menkeu Pangkas Postur Belanja APBN-P 2016

Sekretaris Kabinet Andi Widjojanto mengatakan, sesuai ketentuan undang-undang, maka sektor kesehatan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN), minimal harus terpenuhi lima persen atau senilai Rp20 triliun.

"Karena anggaran kesehatan akan naik drastis tentu ada relokasi dari kementerian lain," ujar Andi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu, 3 Juni 2015.

Menkeu Sri Mulyani Bakal Pangkas APBN

Salah satu bentuk alokasi anggaran ini adalah pendistribusian Kartu Indonesia Sehat. Yang saat ini diketahui sudah terdistribusi setidaknya 4,4 juta kartu.

Meski demikian, nantinya alokasi anggaran ini juga akan disasarkan untuk kementerian yang berkaitan dengan infrastruktur. Namun, berapa finalisasinya, Andi mengaku masih menunggu rampungnya nota keuangan pada bulan September 2015.

Tutup Pelebaran Defisit APBN, JK Utamakan Program Pinjaman

"Ada beberapa kementerian yang melonjak seperti kementerian kelautan, pertanian, PU, Kemenpera. Ada lonjakan-lonjakan, sedang dibahas sekarang di DPR."

(mus)

Banjir di Gorontalo

Anggaran Banjir Minim, Belum Semua Sungai Dibenahi

Kementerian PUPR akan buat skala prioritas.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016