Ratusan Bikers 'Belajar' Naik Motor di Sirkuit Sentul

Komunitas motor 250cc berkumpul di Sirkuit Sentul
Sumber :

VIVA.co.id - Sejumlah komunitas pecinta motor berkapasitas 250cc  menggelar coaching clinic dan latihan bersama di Sirkuit Sentul, Bogor, Selasa kemarin. Kegiatan ini merupakan wahan berbagi ilmu dan pengetahuan bagi para bikers.

Jok Khusus Penyandang Disabilitas Ini Seharga Mobil

Kegiatan yang melibatkan ratusan bikers dari berbagai komunitas motor di wilayah Jakarta tersebut dipandu oleh Setyawan Ari Wibowo, seorang instruktur balap profesional dari Wahana Dunia Motor Racing Team serta didukung PT Michelin Indonesia.

Dalam kegiatan coaching clinic dan latihan bersama di Sirkuit Sentul, para anggota komunitas diberikan kesempatan mempraktekkan teori yang mereka dapat, seperti bagaimana posisi tubuh saat berkendara, teknik pengereman, dan pengenalan terhadap trek 4,12 kilometer itu selama 3 - 5 putaran.

Country Head of Sales & Marketing 2Wheels Division PT Michelin Indonesia, Bayu Surya Pamugar Sugeng menyatakan, kegiatan yang diadakan di Sirkuit Sentul ini dapat menjadi bagian dari kampanye road safety bagi masyarakat yang lebih luas.

"Michelin memiliki komitmen yang sama dengan komunitas bikers untuk selalu meningkatkan kesadaran masyarakat terkait safety di jalan raya," kata Bayu.

Sementara menurut Ketua Umum Street Fighter 313, Jimmi Thomas kerjasama komunitas bikers dan Michelin merupakan bagian dari edukasi yang diberikan komunitas kepada para bikers yang menjadi anggotanya.

Dengan memahami teori berkendara yang benar dan langsung mempraktikkannya di sirkuit, lanjut dia, para bikers diharapkan semakin memahami pentingnya aspek safety dalam berkendara.

"Aspek paling penting dalam berkendara adalah keamanan dan keselamatan. Dengan mendapatkan pemahaman mengenai safety riding, para anggota komunitas motor dapat menyalurkan hobi dan bakatnya tanpa harus takut celaka ataupun mencelakai orang lain pada saat berkendara di jalan raya,” jelasnya.

Menurut data Michelin, daya beli penjualan motor sport melesat tajam. Bahkan saat ini angkanya sudah mulai mendekati penjualan kendaraan roda dua tipe bebek.

Merujuk pada data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), total penjualan wholesales sepeda motor pada Januari-Februari 2015 mencapai 1,084 juta unit.

Dari jumlah tersebut, segmen bebek terjual 149.693 unit atau menguasai pangsa sebesar 13,8 persen. Segmen skuter matik (skutik) penjualannya tercatat mencapai 786.084 unit atau setara 72,49 persen. Sedangkan segmen sport 148.563 unit atau berkontribusi sekitar 13,7 persen.

Pecinta Mega Pro

Pecinta Mega Pro Tumpah Ruah di Jakarta

Komunitas ini besar dari pertengkaran.

img_title
VIVA.co.id
3 Agustus 2016