Harga Pangan Meroket, Elpiji 3Kg Langka

Gas elpiji 3kg masih langka di Rambung Timur, Binjai.
Sumber :
  • Taufik Hidayat/Sumatera Utara
VIVA.co.id
Ekonomi Tumbuh karena Pemerintah Lakukan Ini
- Jelang bulan suci Ramadhan, harga bahan pangan merangkak naik. Di pasar tradisional Kota Binjai, Sumatera Utara, misalnya. Kenaikan bahan pangan mencapai 40% dari harga sebelumnya.

Jokowi Minta Kepala Daerah Bentuk Tim Pengendalian Inflasi

Kenaikan harga di pasar tradisional Tavip, berlangsung sejak dua pekan lalu. Kenaikannya bertahap, namun terjadi hampir tiap hari hingga akumulasinya dalam dua pekan itu mencapai sekitar 40%.
Jokowi Luapkan Kekesalahan kepada Ratusan Kepala Daerah


Bawang merah misalnya, mengalami kenaikan harga dari Rp24 ribu per kg menjadi Rp38 ribu. Cabe merah naik dari Rp22 ribu menjadi Rp40 ribu per kilo gram.


Daging ayam yang biasanya dijual dengan harga Rp25 ribu kini naik menjadi Rp30 ribu per kilo gram. Sedangkan beras rata-rata naik Rp2-5 ribu per liter.


Sementara itu, dari Jambi dilaporkan terjadi kelangkaan gas tabung elpiji 3 kilo gram.


Sudah sepekan ini, gas yang dikenal dengan sebutan gas tabung melon itu menghilang dari pasaran. Sejumlah pangkalan kehabisan stok.


Warga resah. Tabung melon di pangkalan yang ada di daerah itu sudah dikelilingi dan hampir semuanya habis. Sementara, warung atau kios yang masih memiliki stok mematok harga relatif tinggi. Bila di pangkalan dapat dibeli dengan Rp16 ribu, maka di warung harganya menjadi Rp25 ribu.


Bayu Alfarizi-Bima Pratama/Jambi; Taufik Hidayat/Binjai

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya