Asisten Menlu AS Puji Nelayan Aceh Penyelamat Imigran

Anne C Richard, asisten khusus Menlu AS
Sumber :
  • VIVA/Zulkarnaini Muchtar
VIVA.co.id
Tokoh Rohingya Sanjung Keramahan Warga Aceh Utara
- Anne C Richard, asisten khusus Menlu Amerika Serikat, untuk pengungsi dan migrasi, memberikan apresiasi kepada para nelayan Aceh, yang menolong menyelamatkan para pengungsi asal Myanmar dan Banglades, yang terombang-ambing di tengah lautan.

"Terima kasih kepada nelayan Aceh, yang telah mengambil peran sangat penting menolong manusia perahu, mereka sudah berbulan-bulan di tengah laut," kata Anne C Richard, kepada wartawan, di Kamp pengungsian, di TPI Kuala Cangkoy, Aceh Utara, Selasa 2 Juni 2015.

Lari dari Aceh, Pengungsi Rohingya Diduga Menuju Malaysia

Anne juga memuji tindakan Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Daerah Aceh, yang sudah membantu menampung dan menyediakan fasilitas para imigran tersebut.

Anne menyatakan, Pemerintah AS terusĀ  berkomunikasi dengan pemerintah Indonesia dan Aceh, soal kebutuhan para migran selama ditampung di Aceh Utara, Lhokseumawe, Aceh Timur, Langsa, dan Aceh Tamiang.

Hasil Visum Dugaan Pemerkosaan Warga Rohingya Negatif

Anne datang ke Aceh bersama Duta Besar AS untuk Indonesia, Robert Blake dan Muzakir Manaf Wakil Gubernur Aceh, serta Malik Mahmud Wali Nanggroe Aceh. Mereka mengunjungi kamp pengungsi Rohingya dan Bangladesh di Desa Kuala Cangkoy, Aceh Utara.

Usai bertemu dengan para pengungsi di Kamp Kuala Cangkoy, Anne menemui tiga orang perwakilan nelayan yang menyelamat ratusan jiwa imigran asal Myanmar dan Banglades. (asp)

Komisioner Tinggi PBB untuk Urusan Pengungsi, Volker Turk

UNHCR Apresiasi RI soal Pengungsi Rohingya

Indonesia dinilai telah berperan penting atasi masalah kemanusiaan.

img_title
VIVA.co.id
22 Maret 2016