Batu Panca Warna Akan Jadi Suvenir PON XIX

Batu Akik Panca Warna Garut yang akan menjadi Suvenir KAA
Sumber :
  • VIVA.co.id/Diki Hidayat

VIVA.co.id - Setelah sukses menjadi suvenir pada peringatan Konferensi Asia Afrika, kini batu panca warna kembali dilirik untuk menjadi suvenir di Pekan Olah Raga Nasional (PON) XIX. Rencananya, perayaan olah raga ini akan diselenggarakan di Jawa Barat tahun 2016 mendatang.

Garut Siap Kirim Ribuan Akik untuk Cenderamata PON Jabar

Ketua Koperasi Batu Akik Lasmingrat Kabupaten Garut Yudi Nugraha mengatakan, suvenir ini rencananya akan diberikan kepada para peraih medali pada PON XIX. Menurut dia, hal ini sudah disetujui Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan.

"Saya sudah melakukan pertemuan dengan pak Gubernur, beliau setuju," ujarnya, Selasa, 2 Juni 2015.

Rp4 Miliar Hanya untuk Cendera Mata PON XIX Jabar

Saat ini, gabungan pengrajin dan penambang batu akik Garut yang tergabung dalam Koprasi Lasminingrat Gamstune, sedang merumuskan jenis batu panca warna apa yang cocok untuk suvenir para peraih medali PON.

"Nah ini yang sedang kami bahas, yang jelas, kami ingin menyajikan suvenir batu pancawarna terbaik," ujarnya menambahkan.

Ada beberapa jenis batu panca warna terbaik di antaranya, batu Edong, Ciangel serta Darson. Namun, batu Darson, menurut Yudi selain batunya sangat terbatas juga struktur warna sangat kental dan komposisi warna kurang merata.

Kopi Terakhir Pedagang Akik sebelum Lapaknya Digusur

"Jadi panca warna Darson memang saat ini jenis batu akik yang paling tren dengan harga yang sangat mahal, hanya penyebaran warna kurang, jadi jenis Darson lebih diunggulkan pada salah satu warna," ujarnya menjelaskan.

Sementara jenis Edong dan Ciangel warnanya lebih menyebar.

"Tapi nanti menunggu kesepakatan para para pengrajin dan penambang batu saja."

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya