Lebaran, BI Yogya Siapkan Rp4 Triliun

Ilustrasi uang rupiah.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id - Guna memenuhi kebutuhan uang bagi masyarakat yang akan merayakan lebaran, Bank Indonesia (BI) Cabang Yogyakarta menyiapkan uang tunai sebanyak Rp4 triliun.

BI: Inflasi Pekan Ketiga November 0,2 Persen

Kepala BI Cabang Yogyakarta Arif Budi Santosa mengatakan, pada lebaran tahun 2014 yang lalu BI Cabang Yogyakarta menyiapkan tak kurang dari Rp 3,2 triliun. Sedangkan tahun ini jumlah dana yang disiapkan BI dipastikan akan ditambah hingga kisaran Rp 3,5 triliun hingga Rp 3,8 triliun.

"Bahkan untuk memastikan kebutuhan uang untuk merayakan lebaran maka BI Cabang Yogyakarta mempersiapkan dana hingga Rp 4 triliun," katanya, Selasa, 2 Juni 2015.

Uang tersebut tak semuanya pecahan rupiah dengan nominal kecil namun sebagian besar nominal Rp 50.000 dan Rp 100.000 untuk memenuhi kebutuhan uang di anjungan tunai mandiri atau ATM.

BI Proyeksikan Pertumbuhan Ekonomi 2016 Mencapai 5,6%

"Para pemudik atau wisatawan yang berkunjung ke Yogya kan datang tidak membawa uang banyak dan untuk keperluan uang selama di Yogya cenderung mengambil uang di ATM," ujarnya menambahkan.

Bank BI Cabang Yogyakarta juga akan melayani penukaran uang dengan nominal kecil seperti Rp1000, Rp2000, hingga Rp20.000 di kantor BI Cabang Yogyakarta. BI Cabang Yogyakarta juga akan berkoordinasi dengan perbankan di DIY agar memberikan pelayanan penukaran uang yang langsung dekat dengan masyarakat yaitu menggunakan prasarana yang dimiliki masing-masing perbankan.

"Kita mencoba memberikan langsung dengan masyarakat misalnya dengan langsung menggelar penukaran uang di tempat-tempat strategis dengan pelayanan oleh unit-unit perbankan yang berada di tingkat bawah."

Ekonom: BI Rate Diprediksi Tetap Hingga 2016

(mus)

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo.

Bunga BI Diperkirakan Turun Bila The Fed Naikkan Suku Bunga

The Fed diperkirakan akan menaikkan suku bunga secara bertahap.

img_title
VIVA.co.id
7 Desember 2015