Selain Mahakam, Ini Blok Minyak Incaran Pertamina

Pertamina
Sumber :
  • VIVAnews/Muhamad Solihin
VIVA.co.id
SKK Migas Siapkan SK Alih Kelola Blok Mahakam
- Direktur Jenderal Minyak dan Gas, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral, I. G. N. Wiratmadja Puja mengatakannya, PT Pertamina sudah menyampaikan minatnya untuk mengelola Blok Sanga-Sanga di Kalimantan Timur. 

Ini Rencana Pertamina Setelah Blok Masela Diputuskan
Blok Sanga-Sanga, memproduksi minyak sebanyak 16.733 barel per hari (bph). Saat ini, perusahaan migas VICO Indonesia memegang kontrak sebagai operator blok itu, masa kontraknya akan berakhir pada 2018.

Perusahaan Lain Anjlok, Laba Bersih Total Malah Naik 20%
"Pertamina sudah mengajukan surat, kalau tertarik untuk mengelola Blok Sanga-Sanga," ujar Wiratmadja di Jakarta, Jumat 29 Mei 2015.

Menurutnya, Vico juga sudah mengajukan minatnya untuk perpanjangan kontrak tersebut. Namun, hingga saat ini belum ada pembicaraan resmi dengan pemerintah. 

"Secara informal, sudah," kata dia.

Pemerintah, menurutnya, akan mengacu kepada Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 15 Tahun 2015 tentang Pengelolaan Blok Migas yang akan berakhir masa kelolanya.

Dalam aturan itu ditetapkan, pengelolaan wilayah kerja migas yang berakhir kontrak kerja samanya dapat dilakukan tiga cara. Yaitu, pengelolaan oleh Pertamina, perpanjangan kontrak kerja sama oleh kontraktor, atau pengelolaan secara bersama antara Pertamina dan kontraktor.

"Ada peraturan menterinya kan. Paling tidak ada arahnya ke mana," tegasnya. (asp)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya