Bursa Asia Naik di Tengah Kecemasan Anjloknya Bursa Tiongkok

Sumber :
  • REUTERS/ Toru Hanai
VIVA.co.id
Bursa Asia Pasifik Tertekan Dinamika Pilpres AS
- Bursa Asia naik sedikit pada pembukaan Jumat, 29 Mei 2015. Namun, para investor khawatir dengan bursa Tiongkok setelah kemarin ditutup anjlok enam persen. 

Mengekor Wallstreet, Bursa Asia Dibuka Melemah
Sementara, dolar Amerika Serikat (AS) stabil setelah alami kenaikan tajam terhadap mata uang dunia pada pekan ini. Nilai tukar dolar AS terhadap mata uang Jepang berada di level 123,79 yen.

IHSG Berusaha Bertahan di Atas 5.400, Pilih Empat Saham Ini
Seperti dikutip dari Reuters, indeks Asia Pasifik, MSCI, naik 0,3 persen hari ini. Indeks MSCI naik setelah turun satu persen sehari sebelumnya. Indeks Nikkei naik 0,15 persen ke posisi 20.581,92. Indeks Korea Selatan naik 0,2 persen dan Indeks Australia naik satu persen.

Pasar masih menunggu pembukaan bursa Tiongkok hari ini dengan khawatir, setelah kemarin bursa-bursa Tiongkok jatuh enam persen. Bursa Tiongkok anjlok karena para pialang Tiongkok memperketat syarat pinjaman saham.

Kamis, 28 Mei 2015, indeks Shanghai anjlok 6,50 persen dan Indeks Shenzhen jatuh 6,5 persen. Sedangkan, indeks Hang Seng ditutup merosot 2,23 persen.

Capital Economics menyatakan, meski bursa Tiongkok jatuh, itu tidak akan memiliki dampak besar terhadap fundamental ekonomi negara itu. 

Para investor juga cemas dengan perkembangan negosiasi utang Yunani dengan para kreditor. Direktur Dana Moneter Internasional (IMF), Christine Lagarde mengatakan, masih banyak yang harus dikerjakan sebelum Yunani dan para kreditor bisa mencapai kesepakatan.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya