Imigrasi Depok Jaring 175 Imigran Gelap Asal Ethiopia

Imigran Ethiopia di Kantor Imigrasi Depok, Kamis (28/5/2015)
Sumber :
  • VIVA.co.id/Zahrul Darmawan
VIVA.co.id -
Menkumham: Indonesia Kewalahan Hadapi Imigran
Sebanyak 175 warga negara asing (WNA) asal Ethiopia berhasil diamankan petugas Imigrasi Depok. Mereka dijaring lantaran diduga kuat tidak memiliki izin resmi alias imigran gelap.

Kapal Terbalik, Lima Migran Tenggelam di Yunani

Kasi Wasdakim Imigrasi Depok, Arif Hidayat, menjelaskan untuk wilayah Jabodetabek, jumlah WNA Ethiopia bermasalah paling banyak terdapat di Depok. Diduga, mereka masuk ke Indonesia dengan perantara mafia dokumen.
Tiga Imigran Gelap Pencari Suaka Kabur dari Penampungan


"Kami mencurigai ada mafia yang mengkoordinir keberadaan mereka. Untuk lebih jelasnya saat ini sedang diselidiki pihak imigrasi pusat," ujar Arif saat ditemui
VIVA.co.id,
Kamis 28 Mei 2015.


Ratusan WNA tersebut, lanjutnya, diamankan dari sejumlah lokasi di wilayah Depok. Mereka rata-rata memilih tinggal di kos-kosan dan kontrakan wilayah perkampungan.


"Kenapa mereka bisa tinggal di sini, sebab mereka berani bayar dua kali lipat untuk harga sewa kontrakan maupun kosan. Nah, kebanyakan mereka WNA Ethiopia yang ada di sini adalah orang berkecukupan. Mereka memilih Indonesia karena di negaranya sedang konflik," kata Arif.


Selama sebulan terakhir, pihak Imigrasi Depok telah mengamankan sebanyak 175 WNA asal Ethiopia.


"Hari ini saja, ada 75 WNA Ethiopia yang kami amankan. Total keseluruhan sampai dengan hari ini mencapai 175 WNA," katanya. (ase)


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya