BI Prediksi Inflasi Kuartal Kedua 7,4 Persen

Menteri Keuangan Agus Marto Wardojo (kanan) memaparkan alokasi dana otonomi khusus saat rapat dengan Badan Anggaran DPR RI di Jakarta, Senin (6/12).
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVA.co.id - Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada kuartal II 2015 sebesar 7,4 persen dan akhir kuartal ketiga akan masuk ke 7,3 persen.

Harapan BI dari Penerapan 7 Days Repo Rate

"Kemudian, di akhir tahun masuk ke 4,2, persen," kata Gubernur BI, Agus Martowardojo, di Jakarta, Rabu 27 Mei 2015.

Dia mengatakan sebenarnya bulan April 2015 harusnya bisa deflasi. Tapi, ada beberapa hal yang membuat inflasi pada bulan itu sebesar 0,36 persen.

"Ada kenaikan BBM yang dilakukan di akhir Maret. Lalu, ada beberapa respon dalam penyesuaian harga dalam bentuk penyesuaian harga angkutan dalam kota, dan penyesuaian dari tarif KA," kata dia.

Agus melihat ada inflasi pada minggu ketiga Mei 2015 sebesar 0,4 persen, yang berimbas pada harga pangan di sana. Mantan Menteri Keuangan itu pun juga meminta agar harga pangan bisa dikendalikan, terlebih menjelang Ramadhan.

"Untuk harga pangan ini khususnya, kami memang harus selalu memperhatikan, seperti harga bawang merah, cabai merah, ayam, dan telur merah. Ini yang harus kami persiapkan menjelang bulan puasa," kata dia.

Yamaha di Indonesia Motorcycle Show 2014

BI Tak Akan Perlonggar Uang Muka Kredit Motor

DP 20-25 persen sudah cukup rendah.

img_title
VIVA.co.id
8 Agustus 2016