Ahok Janji Bangun Transportasi Kelas Dunia

Ahok Temui Mendagri
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA.co.id - Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama atau akrab disapa Ahok, berjanji pada tahun mendatang moda-moda transportasi di Jakarta akan memiliki standar kualitas internasional. Ahok mengucapkan janji tersebut di hadapan pejabat tinggi pemerintah pusat.

Kendaraan yang Lintasi Medan Merdeka Mulai Dialihkan

"Bila seminar seperti ini dibuat lagi di tahun 2016, kami menjamin para peserta nanti bisa lihat moda transportasi kami sudah sekelas dunia," ujar Ahok dalamĀ  acara seminar Indonesia International Water Week di Jakarta Convention Center, Jakarta Selatan, Rabu, 27 Mei 2015.

Ahok berani memberikan janji itu karena pada bulan Juni, Jakarta akan mulai kedatangan bus-bus gandeng (articulated) bermerek Scania yang memiliki standar kualitas jauh berbeda dengan bus-bus bermerek Zhong Thong, Yutong, hingga Huahai yang selama ini selalu didatangkan oleh DKI dari para produsen bus itu di Tiongkok.

Bus-bus Scania itu, pada tahap awal akan dioperasikan untuk menambah jumlah armada moda transportasi TransJakarta di berbagai koridor busway.

"Kami akan kedatangan 51 unit bus nanti," ujar Ahok.

Di segi moda transportasi lainnya, Ahok mengatakan, pemerintah pusat sudah memberikan persetujuannya kepada DKI untuk membangun sebuah moda transportasi yang dinamakan 'Light Rail Transit' (LRT) atau kereta rel ringan.

Meski pembangunannya belum terlaksana, Ahok mengatakan, pemerintah Provinsi DKI dan pemerintah pusat telah menemukan pola pembangunannya. Pemerintah akan bertindak sebagai pembangun infrastruktur sedangkan perusahaan swasta atau BUMD yang memenangkan pelelangan akan bertindak sebagai pihak yang menyediakan rolling stock atau gerbong kereta untuk moda transportasi itu dan mengoperasikannya.

Pemerintah Provinsi DKI menargetkan agar lelang dan pembangunan infrastruktur moda transportasi baru itu bisa terlaksana pada tahun ini juga. Pada tahap awal, moda transportasi itu akan dibangun untuk menghubungkan kawasan Kelapa Gading dan Kebon Sirih.

Pengoperasian perdana moda transportasi itu direncanakan bisa terlaksana di tahun 2018 pada saat DKI menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games.

Hingga tahun 2019, DKI menargetkan untuk bisa membangun sebanyak tujuh koridor moda transportasi tersebut yang menghubungkan hampir seluruh wilayah di Jakarta.

"Kami perkirakan seluruh Jakarta ada kereta api rel ringannya dengan model layang. Jadi ini mirip-mirip dengan kereta api dengan jalur melayang yang ada di kota Chicago, tapi punya kita lebih halus karena gerbongnya lebih kecil, jalurnya mulus, dan teknologinya lebih canggih," ujar Ahok.

Sekadar diketahui, Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, mantan Menteri PU Djoko Kirmanto, mantan Menteri Lingkungan Hidup Erna Witoelar, serta ribuan peserta menghadiri acara seminar Indonesia International Water Week tersebut.

Massa Demo dari Bekasi dan Tangerang Mulai Berdatangan
Posko logistik demo 4 November

Ini Lokasi Posko Makanan, Minuman dan Medis untuk Pendemo

Ada empat posko yang disiapkan.

img_title
VIVA.co.id
4 November 2016