Ini Cara Toyota Indonesia Peduli Lingkungan

Aksi Cinta Lingkungan Karyawan Toyota
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id - Lebih dari 100 orang karyawan Toyota Indonesia yang tergabung dalam kelompok pencinta alam, Toyota Indonesia Adventurers Club (TIAC), melakukan penanaman lebih dari 10 ribu pohon bakau di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu, sebagai wujud kecintaan terhadap pelestarian lingkungan.

Acara penanaman bakau pada Sabtu 23 Mei 2015, yang turut dihadiri Bupati Kepulauan Seribu, Tri Margianto dan Kepala Balai Taman Nasional Kepulauan Seribu, Wahju Rudiyanto merupakan inisiatif karyawan Toyota untuk ikut serta dalam meminimalisasi dampak abrasi, serta berupaya dalam melestarikan lingkungan hidup.

Mobil 'Alien' Toyota Siap Hebohkan Pameran GIIAS 2016

Direktur Korporasi dan Hubungan Eksternal PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) I Made Dana Tangkas, dalam keterangannya, Rabu 27 Mei 2015, mengatakan, kegiatan karyawan yang bersifat sukarela ini mendapat dukungan dari manajemen PT TMMIN dan PT Toyota-Astra Motor (TAM).

“Kami menyambut baik dan mendukung aksi kepedulian ini, sebagai sebuah langkah positif bagi pelestarian lingkungan. Kami berharap, kegiatan ini bisa menginspirasi lebih banyak pihak untuk dapat memberi sumbangsih nyata bagi lingkungan hidup,” katanya.

Pemilihan lokasi penanaman bakau dilatarbelakangi alasan bahwa Pulau Pramuka sebagai pusat administrasi dan daerah wisata di wilayah Kepulauan Seribu, tidak luput dari ancaman abrasi air laut, sehingga perlu dibentengi oleh hutan bakau sebagai pelindung pantai.

Tidak hanya menanam, TIAC akan melakukan pemeliharaan pohon bakau hingga tanaman tersebut dapat tumbuh dengan baik. Kegiatan penanaman ini merupakan kelanjutan dari dua program serupa pada 2010 dan 2013. Secara total, karyawan Toyota Indonesia telah menanamkan sebanyak lebih dari 21 ribu bakau di Pulau Pramuka.

Direktur Pemasaran TAM, Rahmat Samulo, menyatakan bahwa selain kegiatan yang bersifat inisiatif karyawan, secara korporasi Toyota Indonesia juga aktif melakukan program pelestarian lingkungan dalam bentuk penanaman pohon keras dan bakau di berbagai lokasi seperti Jakarta, Karawang, Bogor, Sragen, Bantul, dan lainnya.

“Sejauh ini, Toyota Indonesia dan grupnya telah menanam sebanyak lebih dari 700 ribu pohon bakau serta 150 ribu pohon keras. Ke depannya, kami akan terus mengupayakan berbagai aktivitas pelestarian lingkungan yang berkesinambungan,” kata Samulo.

Toyota berkomitmen untuk tumbuh bersama masyarakat Indonesia, sesuai dengan semangat Toyota Berbagi (Bersama Membangun Indonesia) melalui penyediaan produk dan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan pelanggan, menjadi bagian dari perkembangan industri otomotif nasional, serta berperan aktif dalam kegiatan sosial kemasyarakatan. (art)

Mobil konsep Toyota FCV Plus.

Toyota Pamer Mobil Masa Depan di GIIAS 2016

Toyota FCV Plus tampil dengan desain futuristis.

img_title
VIVA.co.id
10 Agustus 2016