Indonesia - Kanada Gelar Forum Bilateral Pertama

Dubes Kanada Donald Bobiash dan anak-anak jalanan Indonesia
Sumber :

VIVA.co.id - Forum Bilateral Indonesia-Kanada Bilateral dibuka resmi hari ini di Jakarta. Ini merupakan kali pertama kedua negara menggelar forum bilateral, yang melibatkan pejabat pemerintah, pengusaha, akademisi, hingga tokoh masyarakat.

Kurangi Kemiskinan di RI, Kanada Kucurkan Rp161 Miliar

Menurut Kedutaan Besar Kanada di Jakarta, forum ini mengambil tema "Inovasi dan Perubahan: Membangunan Kemitraan Baru Indonesia-Kanada." Forum ini dihadiri lebih dari 80 pengusaha, pejabat teras, pakar terkemuka, akademisi dan tokoh masyarakat sipil dari Indonesia dan Kanada.

Mereka akan bersama-sama menjajaki kesempatan untuk lebih memperkuat sekaligus melebarkan kemitraan bilateral yang terjalin di bidang-bidang seperti investasi, infrastruktur, pangan dan pertanian, jasa keuangan, pendidikan dan keamanan regional.

Forum dua hari ini diselenggarakan oleh Centre for International Governance Innovation (CIGI) dari Kanada dan Centre for Strategic and International Studies (CSIS) dari Indonesia, yang sekaligus menjadi tuan rumah acara.

“Forum Bilateral Indonesia-Kanada adalah salah satu contoh semakin bertambahnya minat dan kesempatan kerja sama antara kedua negara,” kata Duta Besar Kanada untuk Indonesia, Donald Bobiash.

Bertemu PM Kanada, Ini Permintaan Presiden Jokowi

“Forum ini menyediakan platform yang unik untuk para pemangku kepentingan untuk membawa hubungan Kanada-Indonesia ke tingkat selanjutnya, sekaligus mengevaluasi kehadiran Kanada yang semakin meningkat di Indonesia dan kawasan ASEAN,” lanjut Bobiash.

Termasuk di dalam Delegasi Kanada adalah Wakil Menteri Luar Negeri Daniel Jean, yang juga akan memanfaatkan kesempatan ini untuk bertemu para mitranya dari Indonesia.
   
Lembaga mitra dari Kanada di dalam penyelenggaraan Forum ini, CIGI, adalah lembaga think tank independen dan non-partisan yang berfokus pada tata pemerintahan internasional.

Dipimpin oleh praktisi berpengalaman dan akademisi terkemuka, CIGI mendukung berbagai riset, membentuk jaringan, memajukan debat kebijakan dan mencetuskan gagasan-gagasan untuk perbaikan tata pemerintahan multilateral. Berdiri sejak 2011, program riset CIGI berfokus pada ekonomi global, keamanan dan politik global, serta hukum internasional.

RI Sukses Promosi Budaya Nusantara di Festival Kanada
Bendera Kanada

Kanada Utus Dubes Baru untuk ASEAN

Kanada juga menguatkan status diplomatiknya di 10 negara ASEAN.

img_title
VIVA.co.id
19 Januari 2016