Target Pertumbuhan RI 2016 'Moderat dan Rasional'

Ilustrasi investasi
Sumber :
  • iStock
VIVA.co.id
Sofjan Wanandi: Demo Tak Pengaruh Iklim Investasi
- Para anggota DPR RI menyatakan akan terus mendukung mekanisme pokok-pokok penyusunan rancangan anggaran pendapatan dan belanja negara (RAPBN) tahun 2016 mendatang. Namun harus disertai sejumlah hal agar target pertumbuhan bisa tercapai.

Singapura Pangkas Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi 2016

Menurut anggota DPR dari fraksi PDIP, Daniel Lumban Tobing, rancangan APBN 2016 bisa tercapai dengan target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,7-6,2 persen, asalkan bersifat transparan dan akuntabel.
Pengamat: Proyek Infrastruktur Jangan Disetop


"Target pertumbuhan ekonomi yang ingin dicapai sebesar 5,7-6,2 persen merupakan angka yang moderat dan rasional. Dan, dengan didukung keselarasan optimal kinerja peran makro," ujar Daniel, saat berlangsungnya rapat paripurna di Gedung Nusantara II DPR RI, Selasa 26 Mei 2015.


Daniel optimistis, target tersebut bisa dicapai pemerintah. Hal itu, ungkapnya, harus didorong dengan peran makro, seperti misalnya bisa memperkuat daya beli dan mendorong produktivitas. "Juga bagaimana percepatan infrastruktur itu berjalan dan bisa segera selesai," katanya.


Daniel menambahkan, dengan digodoknya RAPBN 2016 nantinya bisa selaras dengan program nawacita yang menjadi program keselurahan dari Presiden Joko Widodo.


"Kami (PDIP), yakin dan berharap, dengan keselarasan moneter dan sektor ril harus benar-benar bisa ditingkatkan," kata Daniel. Selain itu, lanjut Daniel, demi menciptakan pertumbuhan ekonomi yang sesuai target, pemerintah harus melakukan beberapa hal.


"Yang paling utama adalah melakukan penghematan anggaran, lalu memmperluas kartu kesehatan Indonesia dari 30 persen menjadi 40 persen, juga perluas penyebaran beras miskin 20 persen menjadi 40 persen, memperkuat pelasanaan kredit usaha rakyat dan dana desa, serta penguatan palayanan infrastruktur," ujar dia. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya