Kakak Kim Jong-un Kepergok Nonton Konser Eric Clapton

Kim Jong-Chol, kakak pemimpin tertinggi Korut
Sumber :
  • JNN
VIVA.co.id
Putri Anne Blak-blakan Belum Bisa Move On dari Arya Saloka?
- Kakak Kim Jong-un, Kim Jong-chol, tepergok tengah berada di London, Inggris, pada pekan lalu untuk menyaksikan konser artis idolanya, Eric Clapton. Hal itu terungkap ketika dua video yang menunjukkan kunjungan Chol ke Royal Albert Hall beredar di dunia maya.

Masa Penahanan Siskaeee Diperpanjang Polisi

BBC
Pria Ini Belajar Mengemudi Bermodal Lihat Youtube, Hasilnya Mobil Hancur Tabrak Tembok
edisi Senin, 25 Mei 2015 melansir, dalam sebuah video yang diunggah oleh stasiun televisi Jepang pada Kamis pekan lalu, terlihat sebuah mobil tiba di satu tempat di bagian barat kota London. Kemudian, seorang wanita mengenakan jaket kulit warna hijau dan kaca mata hitam muncul dari dalam mobil.

Beberapa kamera kemudian mengikuti wanita itu. Tak lama, Chol yang mengenakan pakaian serupa ikut muncul dan berjalan keluar dari mobil. Chol sempat ditanya beberapa pertanyaan oleh media yang meliputnya, tetapi dia tidak mengeluarkan satu patah kata.

Beberapa orang yang terlihat seperti pengawal pribadi Chol terlihat mengeliling dia. Mereka mendorong jurnalis dan juru kamera agar menjauh dari Chol.


Chol kemudian muncul kembali di tempat yang sama pada Rabu malam pekan lalu. Menurut jurnalis
BBC
, Simeon Paterson, yang ikut menghadiri konser hari Kamis pekan lalu menyebut Chol sama seperti penggemar Clapton lainnya ikut menyanyikan lirik lagu. Perbedaannya, dia menonton konser sambil dikawal beberapa orang berperawakan tegap.


Klik videonya


"Mereka jelas bukan penggemar Clapton dan terlihat tidak menikmati konser. Tetapi, dia menikmati waktu pertunjukan dan ikut menyanyikan lagu sepanjang konser," ujar Paterson melaporkan.


Ini bukan kali pertama Chol diketahui menghadiri konser Clapton. Sebelumnya, dia juga ikut menonton konser Clapton di Jerman pada 2006 dan di Singapura pada 2011.


Menurut informasi dari penulis blog kepemimpinan Korea Utara, Mike Madden, dia bisa membenarkan pria yang hadir di konser adalah Kim Jong-chol. Madden mengaku telah diberi tahu jika salah seorang anggota keluarga Kim akan berkunjung ke salah satu negara barat pada bulan ini.


Madden menyebut seorang pria yang memegang tangan Kim pada Rabu pekan lalu dan terekam di video merupakan orang kepercayaan keluarga Kim.


"Dia mengetahui mengenai semua hal yang sedang direncanakan keluarga Kim. Bahkan setiap jam, setiap harinya. Dia merupakan sosok penting," kata Madden.


Kemungkinan, dia bisa masuk ke Inggris, Madden menjelaskan, dengan menggunakan visa diplomatik yang dikeluarkan oleh Kedutaan Besar Korut di London atau menggunakan paspor dari negara lainnya.


Menurut informasi kantor berita Korea Selatan,
Yonhap
, selama berada di London, Chol menginap di Hotel Chelsea Harbour. Tarif per kamar mencapai 2.100 poundsterling.


Hotel tersebut tidak bersedia menjawab pertanyaan atau komentar
BBC
. Yonhap melaporkan, pada Jumat dia telah bertolak ke Moskow.


Blog kepemimpinan Korut menyebut Chol merupakan anak tertua dari empat anak yang dimiliki Kim Jong-il. Diprediksi dia kini berusia 33 tahun.


Sama seperti anak Jong-il lainnya, Chol juga menerima pendidikan barat di Swiss. Mantan juru masak sushi Kim Jong-il mengatakan, dia tidak melihat Chol sebagai calon yang cocok untuk mewarisi Korut.


Kendati begitu, di satu sisi, Chol pernah dipertimbangkan oleh sang ayah untuk menempati kursi pemimpin tertinggi. Tetapi, tidak jadi. Alhasil yang meneruskan kepemimpinan Jong-il adalah Kim Jong-un.


Menurut blog kepemimpinan Korut itu, Chol digambarkan sebagai sosok yang menyenangkan dan terbuka. Dia juga memainkan sebuah dukungan penting bagi kepemimpinan Kim Jong-un.


Chol juga membantu departemen propaganda Korut. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya