Istilah Obat Yang Perlu Anda Tahu

VIVAnews - Sudah bukan zamannya lagi pasien ‘tutup mata’ terhadap obat yang dikonsumsinya. Selain mengenali khasiat obat, pahami pula tata cara pemakaian dan waspadai efek sampingnya.
   
Berikut ini adalah istilah yang menandakan jenis obat dan fungsinya. Kenali khasiatnya masing-masing sebelum mengonsumsi obat.

Antihistamin: Untuk mencegah dan mengobati alergi. Pada kasus-kasus tertentu, flu juga bisa menimbulkan gejala alergi seperti hidung berlendir dan mata merah.

Dekongestan: Menghilangkan sembap atau bengkak pada rongga hidung, sehingga Anda bisa bernapas lega.

Antitusif: Mengurangi frekuensi batuk.

Ekspektoran: Mengeluarkan dahak. Zat ini berkhasiat mengencerkan lendir sehingga dahak lebih mudah dikeluarkan pada saat batuk.

Asetosal/Asam Asetilsalisilat: Menghilangkan nyeri (analgesik) dan penurun demam (antipiretik). Biasanya untuk sakit kepala, sakit gigi, pusing, nyeri otot, dan demam.

Acetaminophen /Paracetamol: Analgesik dan antipiretik untuk sakit kepala, nyeri otot, sakit gigi, menurunkan demam, dan meredakan influenza.

Cara Sholat Hajat dan Doa Rasulullah SAW untuk Mengatasi Masalah

Ibuprofen: Analgesik dan antipiretik, untuk sakit kepala, migrain, nyeri otot dan persendian, dismenorrhea, dan sakit gigi.

Nyamuk aedes aegypti.

Tenang Hadapi DBD! Menkes Pastikan RS Siap Tangani Pasien, Ini Imbauannya untuk Masyarakat

Angka kasus demam berdarah di Indonesia mengalami peningkatan. Hingga saat ini tercatat sudah ada 35 ribu lebih pasien menderita demam berdarah atau DBD

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024