Sasar Anak Muda, BNPT Luncurkan Situs Anti Radikalisme

BNPT
Sumber :
  • damai.id

VIVA.co.id - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme menggandeng komunitas anak muda penggiat dunia maya untuk ikut aktif menyukseskan program Damai di Dunia Maya 2015 itu. Itu dilakukan BNPT, sebagai upaya menangkal kampanye radikalisme yang kini marak di dunia maya.

"Setelah kita luncurkan website informatif, yaitu damailanindonesiaku.com dan dan website bersifat edukatif (pendidikan) jalandamai.org, sekarang kita merangkul generasi muda penggiat dunia maya di portal damai, yaitu www.damai.id," ujar Deputi I BNPT Agus Surya Bakti di Jakarta, Senin 25 Mei 2015.

Menurut dia, jejaring damai ini, nantinya bisa membentuk komunitas cinta damai, cinta NKRI, dan komunitas yang punya nasionalisme tinggi, sehingga mereka tidak ingin Indonesia dipenuhi hasutan dan kekerasan yang ujung-ujungnya adalah terorisme.

"Artinya, kita berkumpul di sini untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang NKRI dalam format kedamaian. Mari kita bergabung bersama menciptakan perdamaian di dunia maya," ujar Agus.

Anak muda dipilih untuk mengikuti acara ini, karena berdasarkan data yang didapat dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) pada 2014, pengguna internet di Indonesia semakin meningkat.

Bertemu Menteri Australia, Yasonna Bahas Soal Terorisme

Dari kategori umur, hampir separuh pengguna internet adalah generasi muda yang lahir setelah tahun 1980. Generasi muda menjadi sangat rawan bagi penyebaran konten negatif yang bernuansa kekerasan dan penghasutan.

“Bayangkan, betapa penuh dan sesaknya dunia maya dengan pesan-pesan penuh kekerasan dan konten negatif lainnya. Artinya, kalau mereka bicara kekerasan, kita akan imbangi dengan bicara dengan kelembutan,” ujar Agus.

Sebagian upaya mengampanyekan misi itu, BNPT menggelar workshop melibatkan 53 pemuda penggiat internet dari berbagai daerah. BNPT memperkenalkan portal www.damai.id sebagai media penghubung antarkomunitas dalam membentuk jejaring damai di dunia maya.

Melalui portal ini seluruh peserta akan saling terhubung antarsatu dengan lainnya, sehingga mampu menciptakan gerakan sinergis dan masif untuk mewujudkan dunia maya sebagai arena yang sehat, damai, dan mencerahkan. (asp)

UEA: Teroris Sebarkan Radikalisme Lewat Video Game
Polisi Antiteror Kanada.

Gelar Operasi Antiteror, Polisi Kanada Lumpuhkan Tersangka

Tersangka bernama Aaron Driver dan ia bertindak tunggal.

img_title
VIVA.co.id
11 Agustus 2016