Pembangunan Hotel Termegah di Mekah Menuai Kritik

Abraj Kudai
Sumber :
  • CNN

VIVA.co.id - Abraj Kudai, hotel yang terletak di kota suci Mekah, Arab Saudi, diperkirakan akan menjadi hotel terbesar di dunia.

Dikutip dari laman The Guardian, Senin 25 Mei 2015, empat helipad akan dibangun mengelompok di sekitar kubah terbesar di hotel yang rencananya dibangun setinggi 45 lantai.

Hotel terbesar di dunia dengan 10.000 kamar tidur dan 70 restoran itu rencananya akan diluncurkan pada 2017. Lima lantai di hotel itu khusus digunakan oleh keluarga kerajaan Arab Saudi.

Hotel mewah bintang lima itu akan menyajikan katering berkualitas yang akan memuaskan para peziarah kaya raya.

Model hotel itu seperti benteng padang pasir tradisional yang nampaknya terinspirasi dari film Disneyland dengan arsitektur klasik.

Rencananya akan ada 12 menara yang berundak-undak. Fasilitas lain yang ada seperti stasiun bus, pusat perbelanjaan, food court, tempat konferensi, dan ballroom ruang serba guna.

Abraj Kudai tepatnya terletak di distrik Manafia, satu mil sebelah selatan dari Masjidil Haram. Hotel megah dengan investasi mencapai US$3,5 miliar ini akan didanai oleh Kementerian Keuangan Arab Saudi.

Arsiteknya adalah Dar Al-Handasah Grup, konglomerat konstruksi global yang telah merancang beberapa bangunan megah di Kazakhstan dan Dubai.

Abraj Kudai akan dibangun mirip bunga rampai yang biasa digunakan di pernikahan.

10 Makanan Ini di Singapura Jadi Mahal Sekali

Namun, beberapa pihak menunjukkan rasa tidak senang dengan pembangunan hotel terbesar di dunia yang terletak di Mekah ini.

"Hotel ini akan mengubah kota Mekah menjadi Mekah-hattan," kata Irfan Al-Alawi, Direktur Islamic Heritage Research Foundation yang berbasis di Inggris.

Selama ini Alawi getol mengkampanyekan penyelamatan warisan sejarah yang tersisa di Arab Saudi.

"Semuanya seperti tersapu dengan gencarnya pengembang membangun hotel mewah. Ini justru menghancurkan kota Mekah dan semakin mahalnya sewa kamar hotel bagi para peziarah," ungkapnya.

Beberapa situs bersejarah, didorong oleh Arab Saudi yang mengesahkan Wahabi, yang memandang bahwa situs bersejarah justru akan mendorong orang menyembah berhala. Idiologi inilah yang kemudian menjadi pedoman ISIS menghancurkan berbagai situs bersejarah Islam di Suriah dan Irak.

Beberapa situs, seperti rumah Khadijah, istri pertama Nabi Muhammad SAW, dihancurkan dan dibuat WC umum. Rumah Abu Bakar, sahabat Nabi Muhamad SAW diratakan dan dibangun Hotel Hilton. Rumah cucu Nabi Muhamad SAWpun diratakan dan berdiri pusat perbelanjaan Paris Hilton dan Starbucks.

"Ini adalah hari terakhir Mekah. Ziarah seharusnya penuh kesederhaan, dengan ritual sederhana. Tetapi, ini akan berubah menjadi pengalaman seperti di dekat Las Vegas, khusus bagi peziarah kaya," tuturnya.

Kota Mekah setiap tahun menerima kunjungan sekitar 2 juta jamaah haji. Tetapi, selama beberapa tahun ini mulai berubah, per tahun ada lebih dari 20 juta kunjungan.

Kota Mekah kini berubah menjadi tempat poluler untuk mengadakan pesta pernikahan dan konferensi. Pendapatan dari sektor pariwisata pun melonjak menjadi sekitar 6 miliar pound sterling.

Abraj KudaiĀ  bukan satu-satunya hotel megah di Mekah, sebelumnya tidak jauh dari Masjidil Haram juga dibangun hotel megah dan tinggi menjulang berjuluk Zamzam Tower.

Prada

Pariwisata Lesu, Laba Produsen Barang Mewah Prada Anjlok

Prada siapkan strategi untuk hidupkan penjualan.

img_title
VIVA.co.id
16 Desember 2015