Sri Sultan: Penemuan Ilmiah Mahasiswa RI Harus Dipatenkan

Sri Sultan Hamengku Buwono X
Sumber :
  • ANTARA/Regina Safri

VIVA.co.id - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono X, memberikan apresiasi tinggi atas digelarnya Kompetisi Robot Indonesia (KRI) tingkat nasional. Ajang ini akan berlangsung di Universitas Muhammadiyah Yogyakarta.

"Saya sangat menudukung kegiatan ini karena bisa menjadi peluang generasi muda untuk lebih melek teknologi," kata Sri Sultan Hamengku Buwono X, di Kepatihan usai menerima audiensi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta terkait rencana penyelenggaraan KRI, Senin 25 Mei 2015.

Menurut Ngarso Dalem, panggilan akrab Sri Sultan HB X ini, sudah banyak mahasiswa yang menciptakan temuan-temuan baru terkait dengan teknologi. Karena itu, Sultan pun mendukung jika semua karya dan temuan mahasiswa tersebut dipatenkan, agar nantinya mereka bisa ikut berkontribusi untuk kemajuan teknologi di masa depan.

“Semakin banyaknya temuan-temuan teknologi yang diciptakan oleh mahasiswa maka sangat perlu adanya paten karya agar nantinya tidak ditiru. Dalam pelaksanaan ini juga saya mendukung penuh kegiatan ini. Kegiatan ini juga menegaskan bahwa kita dituntut untuk lebih melek dengan teknologi, ini juga didukung dengan perkembangan teknologi yang semakin maju,"ucapnya.

Sri Sultan juga menyetujui jika acara KRI ini bisa mengundang beberapa SMP dan SMA di Yogya untuk bisa melihat dengan gratis. '

"Namun, yang perlu ditambahkan, saat ini anak-anak SD pun perlu diundang untuk bisa melihat dan memeriahkan kegiatan ini. Dengan memperkenalkan kepada mereka tentang robot maka hal ini akan merangsang mereka untuk bisa tertarik dengan dunia teknologi serta memberikan peluang bagi generasi kecil untuk mengenal teknologi sejak dini," ungkapnya.

Slamet Riyadi, ST., MT., Ph.D, Ketua Pelaksanaan KRI tingkat nasional ini menjelaskan bahwa, Kompetisi ini bukan hanya berhenti di tingkat nasional saja namun juga akan dilanjutkan ke Internasional.

Manusia Tidak akan Merasa Sakit Lagi di Masa Depan

Adapun KRI tersebut terdiri dari empat kelompok, yakni Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Seni Indonesia (KRSI), Kontes Robot Sepakbola Indonesia (KRSBI), dan Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI). Dari keempat kategori lomba robot tersebut, pada bulan Agustus 2015 nanti, UMY akan kembali menjadi tuan rumah dari penyelenggaraan Kontes Robot ABU Roboccon tingkat Internasional.

"Untuk tema yang digunakan pada Kontes Robot ABU Indonesia ini adalah Badminton. Karena kami juga menyesuaikan dengan Kontes ABU Roboccon yang akan digelar pada Agustus mendatang," kata dia. (ren)

Kecerdasan Buatan Atau Artificial Intelligence (AI)

Mengenal Lebih Jauh Tentang Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI)

Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) merupakan teknologi yang semakin berkembang dengan pesat.

img_title
VIVA.co.id
16 Mei 2023