5 Jalan Raya Terunik di Indonesia

Kelok Sembilan, Sumatera Barat.
Sumber :
  • www.dualisan.com
VIVA.co.id
Hanya Pangeran Arab yang Bisa Miliki Mobil Konsep Ini
- Jalan-jalan dengan bentuk unik biasanya selalu dikaitkan dengan keberadaannya di beberapa negara. Padahal di Indonesia, terdapat pula beberapa jalan dengan bentuk unik, dan dijamin membuat pengendara yang melintasinya berdecak kagum.

Mobil Elvis Presley Ini Sempat Hilang 50 Tahun

Berikut kami sampaikan lima jalan unik di Indonesia yang dirangkum dari litbang
Kolektor Ditolak Beli LaFerrari Edisi Terbatas
VIVA.co.id , dan VIVAlife :

1. Jalan Kelok Sembilan, Sumatera Barat



Jalan Kelok 9 merupakan salah satu jalan yang unik yang terdapat di Sumatera Barat. Kelok 9 merupakan nama untuk ruas jalan nasional yang menghubungkan Sumatera Barat dengan Riau.


Jalan ini dinamakan Kelok 9, karena terdapat sembilan tikungan. Tikungan di jalan ini terkenal tajam dan sangat ekstrem. Jalan ini juga berbatasan dengan jurang, dan diapit oleh dua perbukitan di antara dua cagar alam, yakni Cagar Alam Air Putih, dan Cagar Alam Harau. Pada lokasi ini juga dibangun jembatan layang yang diapit dua bukit.


Fly Over
Kelok 9 berbentuk melengkung panjang dan tajam, berdiri di atas pilar-pilar setinggi 50–80 meter, serta memiliki enam jembatan layang.


2. Jalan Heat Papua




Heat Road
(
Heavy Equipment Access Trail
) merupakan jalan yang diperuntukkan menuju area pertambangan Grasberg di wilayah pertambangan PT Freeport Indonesia. Grasberg berada di ketinggian 4.285 meter, dan merupakan salah satu gugusan pegunungan Jayawijaya.


Jalan ini berkelok-kelok. Kanan-kirinya terhampar perbukitan, tebing, dan jurang yang curam. Jalan HEAT diperuntukkan bagi kendaraan besar yang mengangkut suku cadang alat-alat berat ke wilayah Grasberg.


3. Bali Mandara




Jalan di atas laut Bali ini merupakan tol yang menghubungkan Denpasar-Bandara Ngurah Rai-Nusa Dua. Keunikan jalan tol ini karena berada di atas laut dan Teluk Benoa. Jalan tol ini juga memiliki jalur sepeda motor di bagian bawahnya.


Jalan tol yang membentang di atas laut ini diberi nama "Bali Mandara", yang berarti Bali yang agung, maju, aman, damai, dan sejahtera. Tol Laut Bali ini merupakan jalan tol pertama di Indonesia yang melintas di atas laut. Jalan tol atas laut di Bali ini juga diklaim sebagai jalan tol terindah di dunia.


4. Jalan layang Tomang, Jakarta




Jalan layang tol dari arah Grogol menuju Kebon Jeruk ini termasuk unik. Sebab, jalan ini bertingkat dan bersusun. Keunikan jalan ini di samping berkelok juga menanjak.


Lalu lintas di jalan ini pun terbilang padat. Maka, jangan heran jika ada satu kendaraan yang mogok dapat menyebabkan kepadatan lalu lintas yang cukup panjang.


5. Jalan Slamet Riyadi Solo




Jalan Slamet Riyadi yang dapat Anda temukan di Kota Solo ini memiliki keunikan tersendiri. Sebab, di samping jalan itu ada sebuah rel yang diperuntukkan bagi kereta api melintas. Rel itu diketahui dilewati kereta api jurusan Solo-Wonogiri.


Keunikan ini hanya terdapat di Kota Solo, di mana rel kereta api berada di badan jalan utama kota. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya