26-5-1991: Pesawat Jatuh di Thailand

Niki Lauda
Sumber :

VIVA.co.id - Pesawat Boeing 767 milik maskapai penerbangan Australia, Lauda-Air, jatuh di tengah hutan dekat Bangkok, Thailand, menewaskan 233 orang kru dan penumpang pesawat, pada 26 Mei 1991.

Dilansir dari laman History, Lauda-Air merupakan maskapai sewaan terbesar Australia, yang merupakan unit usaha pertama Niki Lauda, setelah pensiun dari dunia balap mobil.

Pesawat jatuh saat akan lepas landas setelah transit di Thailand, dalam perjalanan dari Hong Kong menuju Vienna. Pesawat sedang terbang naik ketika komputer mengalami kerusakan.

Kerusakan komputer menyebabkan mesin pesawat salah berfungsi, membalik putaran mesin sehingga pesawat dengan cepat menukik ke bawah, sekitar 16 menit setelah lepas landas.

Pesawat jatuh di hutan berjarak 100 mil sebelah utara Bangkok. Sebanyak 203 penumpang dan 20 kru tewas seketika. Kotak hitam pesawat pun rusak, menyebabkan sulitnya menyelidiki penyebab kecelakaan.

Niki Lauda segera datang ke lokasi kecelakaan, di mana dia dilaporkan ikut mencari bukti-bukti kecelakaan. Akhirnya bukti mekanik dan rekaman suara, mengungkap adanya persoalan serius dengan mesin jet pendorong.

Boeing pun dipaksa untuk menarik dan memodifikasi sistem pendorong pesawat 767, sebagai hasil dari penyelidikan kecelakaan.

Pilot Helikopter Angkatan Udara Amerika Tewas Kecelakaan di Kuwait
Maskapai Sriwijaya Air

8 Kecelakaan Pesawat Terbesar di Indonesia

Seperti yang diketahui khalayak umum, tragedi kecelakaan pesawat terbang di Indonesia sudah cukup banyak terjadi.

img_title
VIVA.co.id
10 Januari 2021